Perusda
Bank SUlsel Bar

Torut dan Selandia Baru Jalin Kerjasama Sister City

3 weeks ago Oleh Fritz Wongkar
Torut dan Selandia Baru Jalin Kerjasama Sister City
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan bersama delegasi Distrik Selwyn Selandia Baru bahas sister city [Diskominfo Toraja Utara]

KabarMakassar.com -- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara kembali melakukan kerjasama dengan Distrik Selwyn Selandia Baru terkait dengan Sister City atau kota kembar. Diman dalam perjanjian tersebut sektoral pada pengetahuan pertanian dan perkebunan, pendidikan, dan kebudayaan. 

Kunjungan delegasi yang ketuai oleh mantan Walikota Distrik Selwyn Kelvin Coe diterima langsung oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan diruang kerjanya. Jumat 28 September 2018. Selain itu hadir pula perwakilan Rikolto Indonesia, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat internasional yang berbasis di Belgia. 

Rikolto sendiri menawarkan kepada Pemda Toraja Utara program pemberdayaan kelompok-kelompok petani dengan membangun jembatan dan sistem kemitraan bisnis dengan pihak pemerintah, perbankan dan lembaga penelitian untuk meningkatkan kualitas sektor pertanian dan perkebunan, khususnya pengembangan kualitas kopi Arabika Toraja yang sudah mendunia.

"Mereka hadir dalam tindak lanjut kerjasama sister city atau kota kembar, dimana didalamnya kita saling bertukar pendapat dan pengetahuan akan sitem pertanian dan perkebunan. Selain itu sektor pendidikan juga lebi spesifiknya tentang metode pengajaran para guru"ujar Kalatiku Paembonan.

Dalam hal pendidikan Distrik Selwyn juga menawarkan beberapa tenaga Guru atau Pendidik native speaker dari Selwyn untuk mengajar di Toraja Utara. 

Sektor pertanian ada pembentukan Koperasi bagi Kelompok Tani Kopi juga ditawarkan untuk di kembangkan di Toraja Utara, yang mana Koperasi ini mengakomodir sistem pembelian dan pembayaran yang kompetitif dan cepat yang diharapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan para petani Kopi, yang juga efektif mampu memutuskan mata rantai tengkulak yang merugikan petani.