Perusda
Bank SUlsel Bar

Tangani Kasus Pungli di Toraja, Tim Saber Pungli Bungkam

on 22/9/18 Oleh Fritz Wongkar
Tangani Kasus Pungli  di Toraja, Tim Saber Pungli Bungkam
Tim Saber Pungli datangi sekolah yang melakukan pungli baju seragam sekolah (Foto: Andarias).

KabarMakassar.com — Dua sekolah yang ada di Tana Toraja diduga melakukan pungli terhadap para siswanya di dua SMP yakni di SMP 1 Makale dan SMP Kristen Makale, pungli akan baju seragam olahraga tersebut ditangani oleh Tim Saber Pungli Tana Toraja yang diketuai Wakapolres Tana Toraja, Jacob Lobo.

Saat dikonfirmasi terkait dua SMP yang melakukan pungli, Ketua Tim Saber Pungli justru enggan berkomentar jauh terkait kasus yang ditanganinya tersebut.

“Saya belum bisa komentar soal itu, ini saya harus lapor dulu sama Kapolres soal ini”singkat Jacob Lobo saat dikonfirmasi KabarMakassar.com

Untuk diketahui jika kedua sekolah ini membeli baju seragam olahraga untuk siswanya dan dijual denga harga beragam mulai dari harga Rp85 Ribu hingga Rp210 Ribu.

Kepala Sekolah SMP 1 Makale saat ditemui KabarMakassar.com mengatakan jika hal tersebut dilakukan untuk membantu, dan ia juga memungut biaya kepada siswa dan harga baju olahraga tersebut dilupa.

“Ini kan kita bantu masyarakat, untuk membelikan baju olahraga. Soal harganya saya Lupa”kata Kepsek SMP 1 Makale, Herman.

Sementara itu Kepsek SMP 1 Kristen Makale, Yotham enggan berkomentar juga soal kasus baju seragam olahraga yang dijual kepada siswanya. “saya tidak bisa komentar, Silahkan ke Polres Tator ambil datanya, saya juga sementara dalam pemeriksaan”singkat Yotham

 

Selain itu pungli tersebut diperkuat siswa yang enggan disebut namanya kepada KabarMakassar.com mengatakan, biaya tersebut beragam dan mulai dari harga yang murah hingga mahal, karena kata guru sesuai kemampuan. “Sesuai kemampuan, ada dijual Rp85 ribu sampai Rp200an ribu lebih pak”katanya.