Perusda
Bank SUlsel Bar

Ekspektasi Legislator Sisa Masa Waktu 2014 - 2019

Oleh: Andi Januar Jaury Dharwis

on 18/9/18 Oleh Redaksi
Ekspektasi Legislator Sisa Masa Waktu 2014 - 2019
Anggota DPRD Sulsel Periode 2014 - 2019, Andi Januar Jaury Dharwis. [Foto: ist]

KabarMakassar.com -- Merupakan kehormatan kembali di tugaskan pada lembaga DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. 

Hal yang tidak lepas dari kepercayaan masyarakat selama ini terhadap Partai Demokrat secara umum dan kepada diri saya secara khusus. 

Sebagai wujud apresiasi atas kepercayaan ini, kinerja saya pada semua peran legislatif adalah sebuah keniscayaan. 

Sisa periode setahun ke depan merupakan waktu yang sangat singkat. 

Meskipun demikian, saya akan optimalkan semua daya representasi yang ada untuk kontribusikan di semua tugas dan fungsi lembaga DPRD. 

Di awal ini tentu saya beradaptasi singkat mulai pengawasan implementasi Perda yang sedang berjalan, monitoring pendapatan sesuai proyeksi di awal.

Kemudian pandangan legislasi terhadap kebijakan yang sedang berproses hingga serapan APBD untuk mendorong padat modal dan padat karya. 

Sebagaimana saat ini pemerintah sedang menbahas APBD perubahan, penyesuain terhadap realisasi pendapatan serta optimalisasi program/kegiatan di sisa tahun 2018. 

Namun terdapat hal yang lebih penting lagi sekaitan dengan stabilitas harga kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan.

Kita ketahui bersama bahwa dampak pelemahan rupiah terhadap USD bisa saja berimbas pada inflasi. 

Ini yang harus diwaspadai, sehingga saya dalam hal ini mengajak para pemangku kewenangan lainnya untuk bersama-sama memastikan bahwa instrument Pengendali Inflasi Daerah tetap siaga dan antisipatif dan menjaga ruang- ruang fiskal yang Sudah baik selama ini. 

Bertepatan dengan keadaan saat ini, penjabaran visi dan misi gubernur dan wakil gubernur yang baru saja memulai tugasnya, juga menjadi fokus lembaga DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. 

Mengurai visi dan misi tersebut ke RPJMD, "gambaran pembangunan kesejahteraan Rakyat Sulawesi Selatan yang berproses terukur selama 5 tahun ke depan".