Enam Kabupaten Tertinggi Angka Kematian Ibu dan Bayi

Rahmi Dinia

Enam Kabupaten Tertinggi Angka Kematian Ibu dan Bayi

KabarMakassar.com -- Enam Kabupaten di Sulawesi Selatan masuk dalam 10 besar angka kematian ibu dan anak di Indonesia.

Hal ini dilihat dari data tahun 2017. Di mana ada 115 angka kasus kematian ibu, dan 817 kematian bayi baru lahir.

Enam kabupaten dengan jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir tertinggi adalah Gowa, Bone, Bulukumba, Jeneponto, Sinjai dan Pangkep.

Di kabupaten Gowa, jumlah kematian ibu mencapai 13 kasus, sedangkan di Jeneponto jumlah kematian bayi baru lahir mencapai 79 kasus.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan pentingnya keterlibatan berbagai sektor dalam upaya mengurangi jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir di Sulsel,

"Memperbaiki bidang kesehatan haruslah senantiasa pro rakyat. Itu artinya, kepentingan rakyat harus didahulukan, bersifat inklusif, responsive, efektif dan dilaksanakan dalam tata kelola yang bersih," kata Gubernur Nurdin Abdullah kepada KabarMakassar.com, Selasa, 9 Oktober 2018.

Untuk melaksanakan hal ini, kata dia diperlukan kolaborasi semua sektor termasuk non-kesehatan. Sehingga mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan angka kematian bayi baru lahir di Sulawesi Selatan.

Dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel, Kabupaten Banteng adalah kabupaten terendah angka kematian ibu dan bayi baru lahir. 

Hal ini juga turut di sampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Liestaty F. Nurdin Kabupaten Banteng saat di sela-sela konfrensi pers Forum Kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Makassar, Selasa 9 Oktober 2018.

Penulis :

Editor :