Perusda
Bank SUlsel Bar

9 Tahun KabarMakassar.com Menjaga Jurnalisme dan Akal Sehat

on 29/8/18 Oleh Fritz Wongkar
9 Tahun KabarMakassar.com Menjaga Jurnalisme dan Akal Sehat
KabarMakassar.com

HARI ini 29 Agustus 2018 portal KabarMakassar.com atau KM genap berusia sembilan tahun.  

Sebagai media yang lahir tanpa dukungan modal dan korporasi, bernafas hingga detik ini, bukan saja pencapaian luar biasa, tapi juga sebuah pertaruhan dan pembuktian, bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan semangat itu sendiri.

Dilahirkan dengan mengusung tiga misi utama yang tertuang dalam Trilogi Kabar Grup Indonesia yaitu: Diversity of Content, Diversity of Owner dan Voice of The Voiceless, KM akan berusaha menjadi PEMBEDA . Beda dalam aspek pemberitaan, Beda dalam sistem kepemilikan dan usaha, serta selalu tampil menyuarakan suara kaum minoritas, kelompok marginal dan pihak-pihak yang terpingirkan.

Tahun ini boleh jadi tahun paling fantastis bagi KM.  Selain KM kembali menggelar ajang KabarMakassar Award 2018 yang kesembilan malam nanti. Februari  lalu, KabarMakassar dinyatakan lolos sertifikasi Dewan Pers. Surat Bernomer 24/DP-Terverifikasi/II/2018 yang diteken Ketua Dewan Pers, menyatakan KabarMakassar lolos verifikasi Administrasi dan Faktual Dewan Pers. Pengakuan Dewan Pers sebagai media online pertama di Sulsel  yang lolos verifikasi menjadi pemuncak dari segala pencapaian selama sembilan tahun KM bekerja sebagai media, sebagaimana yang diamanahkan UU Pers No40/99.

Pengakuan Dewan Pers ini penting , sebab sebagai media online yang tak mempertuhankan traffic dan rating, kerja-kerja newsroom yang tetap setia menjaga marwah jurnalisme sebagai pilar demokrasi, adalah sebuah pertarungan panjang pragmatisme dan idealisme.

Ya media ini memang dibuat untuk dan atas dasar kepentingan publik, bukan atas kepentingan, keinginan dan selera publik.KM seperti cita-citanya menjadikan jurnalisme bukan saja sebagai pembawa kebenaran, tapi juga mengikhtiarkan kebaikan dan kebajikan.

Karenanya jangan heran, para pembaca KM tidak akan menemukan berita-berita bombastis di newsroom. Tidak ada kabar perselingkuhan, darah,  hal-hal sensasional dalam berita, apalagi menghakimi layakya aparat penegak hukum. Dalam newsroom KM, cover both sides adalah keniscayaan. 

Dalam agenda setting  KM , jurnalisme adalah mahakarya suci yang tetap harus dijaga. Jauh-jauh hari KM sudah menarik garis demarkasi, bahwa KabarMakassar adalah portal berita, bukan media sosial. Sebagai media berita, tugas KM adalah menjaga marwah dan akal sehat jurnalisme itu sendiri.

Dan apakah ini bertahan? KM yakin bahwa tidak ada yang bisa meruntuhkan dan menghalangi niat baik.

Karena semangat itu pula, bersama  21 Pemimpin Redaksi media massa, KabarMakassar menandatangani MoU kolaborasi peluncuran situs Cekfakta.com, Awal Mei 2018 lalu di Jakarta.

Keikutsertaan KM ini sebagai sebuah gerakan partisipasi media untuk terlibat aktif dalam perang melawan Hoax, dalam acara Trusted Media Summit yang diadakan di Jakarta, 5-6 Mei 2018.

Gerak Cek Fakta ini akan diisi konten verifikasi yang dibuat redaksi media-media siber terpercaya, untuk membasmi penyebaran informasi bohong di ruang percakapan publik melalui sosial media.

 

Dengan platform Cekfakta.com ini diharapkan klarifikasi atas hoax bisa dilakukan lebih cepat, lebih sinergis, dan dapat disebarkan dengan lebih luas melalui jejaring media yang berkolaborasi dan media sosial. 

Hasil klarifikasi yang dibuat oleh beberapa media di platform Cekfakta.com dapat dimuat oleh media lain yang berkolaborasi. Platform Cekfakta.com ini dibangun diatas API Yudistira yang dibuat oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), yang juga berperan sebagai pengelola basis data Cekfakta.com, dengan dukungan dari Google News Initiative.

Ada pun 22 media yang bergabung dalam kolaborasi ini adalah tempo.co, tirto.id, viva.co.id, suara.com, detik.com, kompas.com, liputan6.com, merdeka.com, katadata.co.id, beritajatim.com, kbr.id, bisnis.com, beritasatu.com, antaranews.com, dream.co.id, timesindonesia.co.id, riauonline.co.id, thejakartapost.com, kontan.co.id, republika.co.id, kabarmedan.com, dan Kabarmakassar.com

 

Di Makassar, semangat menjaga marwah jurnalisme dan perang melawan HOAX ini akan KM wujudkan dalam kolaborasi Cek Fakta bersama Pemerintah Kota Makassar, bernama Cek Fakta Makassar.

Gagasan ini terwujud melalui diskusi panjang dengan Walikota Makassar bersama newsroom KabarMakassar atas fenomena membanjirnya informasi sumir dan bohong yang bisa menimbulkan perpecahan di  masyarakat Indonesia pada umumnya dan Makassar pada khususnya.

 

Insya Allah, penandatangan kerjasama, hari ini akan menjadi sejarah baru, sebuah era pertama di Indonesia, dimana media berkolaborasi dengan institusi pemerintah kota melawan praktek-praktek fitnah, kabar bohong dan propaganda.

 

Kerjasama ini tentu bukan hanya sampai disini, tapi program CekFakta Makassar ini akan menjadi embrio yang akan melibatkan semua stakeholder di kota ini, agar masyarakatnya benar-benar menerima informasi yang sehat dan terverifikasi secara faktual.

 

Selamat berulang tahun buat KM,terima kasih semua pihak dan masyarakat yang tetap bekerjasama, membantu KM selama ini. Terkhusus para kru yang selama bertahun-tahun bahu membahu, menjaga KM tetap berdiri tegak hingga saat ini. Jalan masih panjang menuju 2025, untuk menjadi kantor berita berbasis digital di daerah. Tetaplah tangguh dan bermanfaat buat masyarakat.

Makassar 

09.00 Wita

29.08.2018

 

#9TahunBerkarya

#TrilogiKGI

#Menuju2025

#MohonDoanya