Perusda
Bank SUlsel Bar

Disetujui DPRD, Pj Gubernur Akan Terbitkan Pergub

Andhy Sukri

on 6/8/18 Oleh Redaksi
Disetujui DPRD, Pj Gubernur Akan Terbitkan Pergub
Pj Gubernur Soni Sumarsono dan ketua DPRD provinsi Muh Roem saat menandatangani persetujuan Raperda menjadi Perda di ruang paripurna DPRD provinsi jalan Urip Sumoharjo

KabarMakassar.com-- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono melakukan rapat paripurna dengan DPRD provinsi di ruang rapat Paripurna, Senin 6 Agustus 2018.

Dalam rapat paripurna ini membahas tentang pertama persetujuan bersama Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dan DPRD provinsi Sulawesi Selatan terhadap dua ranperda yaitu pemberdayaan pemuda dan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara.

Kedua  penjelasan Gubernur Sulawesi Selatan terhadap dua ranperda yaitu pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, Pengelolaan dan pemanfaatan air tanah dan ketiga Pembentukan tiga panitia khusus.

 Penjabat Gubernur menilai dari semua rangkaian proses Raperda pemberdayaan pemuda dan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara sudah sesuai prosedur.

"Secara proses prosedur saya kira juga sudah melalui proses konsultasi tentang produk hukum daerah di kementerian dalam negeri dan juga telah di  berikan berbagai masukan dan telah pula di akomodasi oleh pansus dan saya kira secara prosedur sudah benar", sebutnya

Soni juga menilai Raperda ini sudah agak telah mengingat adanya pengalihan dan akan segera menerbitkan pergub tetang pemberdayaan pemuda dan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara.

"Memang posisi terkait dengan Raperda mengenai pertambangan mineral dan batubara ini sudah agak lama fakum sejak UU 23 2014 di terbit kan. ini sudah 2018 berarti 4 tahun baru bisa di terbitkan, Ini agak terlambat karena masyarakat udah menunggu pengelolaan pertambangan sejak di alih dari pemerintah kabupaten/ kota ke pemerintah provinsi. karena itu saya sependapat atas nama pemerintah Sulawesi Selatan menyetujui Raperda menjadi Perda dan segera menerbitkan pergub" ujarnya

Sebelumnya melalui tanggapan fraksi,  pada  rapat ini seluruh fraksi menyetujui ranperda pemberdayaan pemuda dan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara untuk jadi perda dan masing-masing fraksi meminta percepatan agar segera di terbitkan Pergub.