Tarian dan Atraksi Budaya Meriah di HUT Tana Toraja ke-61

Tarian dan Atraksi Budaya Meriah di HUT Tana Toraja ke-61

KabarMakassar.com -- Sejumlah atraksi budaya dan tari tarian disuguhkan dalam puncak perayaan HUT Taan Toraja ke-61 dan Hari Jadi Toraja ke-771 tahun 2018. Dalam perayaan ini yang melibatkan ratusan penari dari siswa-siswi se-Toraja ini dihadiri penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. Jumat 31 Agustus 2018.

Pesta seni dan budaya yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Getengan, Kecamatan Mengkendek, sejumlah pejabat di sulsel disambut masyarakat toraja dengan atraksi budaya tarian bondesan, kemudian kreasi serta atraksi rakyat 'Jangan biarkan rakyatku lapar', budaya Toraya perekat bangsa, menanam dan minum kopi Toraya Maelo.

Sebelumnya dalam perayaan HUT Tana Toraja menghadirkan tari-tarian etnis tradisional yang ditampilkan oleh masing-masing 19 Kecamatan di Tana Toraja serta para pelajar siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Toraja.

Tidak hanya itu daerah penghasil Kopi tersebut juga melakukan minum kopi serentak yang bertajuk "Kopi Toraja Maelo" juga dilakukan bersamaan seluruh warga dan undangan yang hadir di HUT Tana Toraja.

Dalam sambutanya, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanaya mengatakan, berbagai atraksi dan pertunjukkan seni budaya kita tampilkan di HUT Tana Toraja ke-61 dan terus melestarikan budaya yang ada di Toraja. 

"Pada perayaan HUT Tana Toraja ini kita hadirkan berbagai atraksi seni tari-tarian dalam penyambutan, selain itu kreasi serta atraksi gerak pertanian rakyat, 'jangan biarkan rakyatku lapar' juga ditampilkan, budaya Toraya perekat bangsa, menanam dan minum kopi serentak Toraya Maelo juga kita adakan hari ini"kata Nicodemus Biringkanae.

HUT Tana Toraja juga dihadiri Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan jajaran OPD linkup Pemkab Toraja Utara. Dikabarkan jika usai salat Jumat di Masjid Besar Nurul Falah Getengan, dilanjutkan makan siang yang diiringi qasidah, choir dan musik bambu.

Penulis :

Editor :