Komisi 2 DPRD Minta Kepala Puskesmas Bittuang Di Evaluasi

Andarias Padaunan

Komisi 2 DPRD  Minta Kepala Puskesmas Bittuang Di Evaluasi

KabarMakassar.com -- Ketua Komisi 2 Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tana Toraja, Paulus Paonganan mendesak Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae untuk segera melakukan evaluasi terhadap jajaran Dinas Kesehatan Tana Toraja terkhusus Kepala Puskesmas Bittuang.

Legislator PDI Perjuangan ini mempertanyakan kinerja dari Kepala Puskesmas Bittuang dan para perawat yang menolak Karmila bocah 4 tahun yang meninggal setelah lambat mendapatkan perawatan serta mendapatkan penolakan saat hendak dirawat karena persoalan domisili Karmila yang bukan berasal dari Bittuang melainkan dari Kecamatan Masanda.

"Saya selaku Ketua Komisi 2 DPRD Tana Toraja mencakup bidang tentang Kesehatan,sangat meyesalkan perawat yang ada di Puskesmas Bittuang dan juga Kepala Puskesmas Bittuang yang selaku pengambil kebijakan. Karena hanya karena persoalan domisili nyawa anak 4 tahun tersebut meningga, ini persoalan kemanusiaan"kata Paulus Paonganan.

Paulus Paonganan berharap jika ini persoalan yang harus diseriusi oleh Bupati, dimana Kepala Dinas Kesehatan juga harus memperhatikan masyarakat dan lebih mengutamakan kesehatan masyarakat, apalagi dalam keadaan darurat seperti itu. 

"Kami berharap tidak ada lagi yang terulang masalah seperti ini. Persoalan nyawa seseorang dan menjadi bahan evaluasi Pemda Tana Toraja secepatnya"kata Paulus Paonganan kepada KabarMakassar.com, Selasa 28 Agustus 2018.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan saat dihubungi saat dikonfirmasi KabarMakassar.com melalui selularnya tidak merespon. Bahkan tiga kali saat tim kabarmakassar.com menelepon tidak menanggapi terkait hilangnya nyawa bocah 4 tahun karena hal perbedaan domisili.

Ia mengatakan dalam waktu dekat, DPDR Tana Toraja melalui komisi 2 bakal memanggil seluruh Puskesmas se-Tana Toraja untuk membahas terkait pelayanan kesehatan di Tana Toraja. 

"Kami minta Bupati segera melakukan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan di Tana Toraja, evaluasi juga perlu terkait keaktifan Kepala Dinas Kesehatan dalam merespon hal pelayanan di wilayahnya"

Untuk dikabarkan sebelumnya jika Bupati Tana Toraja sempat menegur secara tertulis kepada Kadis Kesehatan yang dijabat Anthon Rerung karena jarang masuk kantor. 

Tidak hanya itu sebelumnya Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara saat melakukan sidak pasca tewasnya bocah 4 tahun, Di Puskesmas Bittuang menegur perawat dan mengancam akan memberikan teguran dan saksi terhadap perawat serta Kepala Puskesmas terkait pertanggungjawaban yang menolak pasien yang hendak dirawat di pelayanan kesehatan di Puskesmas Bittuang.

Penulis :

Editor :