Perusda
Bank SUlsel Bar

Perkembangan Tersangka Kasus KM Lestari Maju

Tenggelamnya KM Lestari Maju

on 24/7/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Perkembangan Tersangka Kasus KM Lestari Maju
Petugas dari Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) saat mengawal tersangka atas tragedi kandasnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju di Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Rabu 11 Juni 2018. Polda Sulsel menetapkan Hendra Yuwono Njo (57) yang merupakan pemilik kapal sebagai tersangka tragedi kandasnya KMP Lestari Maju di perairan Selayar yang menyebabkan 36 tewas. (Foto: KabarMakassar.com/Imran Arief)

KabarMakassar.com -- Tim penyidik Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) hingga saat ini masih menetapkan 3 tersangka dalam kasus tenggelamnya KM Lestari Maju di Selayar.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan status tersangka dalam tragedi KM Lestari Maju yang tenggelam pada Selasa, 3 Juli 2018 lalu hingga kini masih ditempati oleh tiga orang.

"Hingga saat ini masih pemilik kapal, perwira Syahbandar dan nahkoda," jelas Dicky Sondani saat menjadi pembicara di Makassar Editors Club Sabtu lalu, 21 Juli 2018.

Dicky menjelaskan, walaupun penyidik Polda Sulsel menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini tapi tim penyidik masih mendalami keterangan saksi-saksi lainnya, termasuk petugas tiket.

"Belum ada tersangka baru tapi untuk pendalaman kasus ini kita masih lihat keterangan para saksi-saksi, sudah ada belasan saksi diperiksa," jelas Dicky.

Penyelidikan juga terhambat akibat sulitnya pendataan dan proses pengumpulan bukti yang lama.

"Kita juga tahu kalau sulitnya pendataan dan proses pengumpulan bukti. Perbedaan manifest penumpang yang dimiliki juga menjadi masalah, hingga saat ini kita masih memeriksa para saksi, kita tidak mengetahui kemungkinan adanya tersangka baru," tambahnya.

Perlu diketahui, para tersangka dijerat dengan beberapa pasal antara lain Pasal 302 subsider Pasal 112 UU RI No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran juncto Pasal 359 KUHP, Pasal 303 subsider Pasal 117 UU 17/ 2008 tentang Pelayaran juncto Pasal 359 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Hingga berita ini dimuat, Tim gabungan yang dikomandoi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah berhenti mencari korban hilang kecelakaan Kapal Motor atau KM Lestari Maju sejak Senin, 9 Juni 2018 lalu walau masih ada bayi Aditya, berusia satu tahun, asal Kabupaten Takalar yang belum ditemukan.