Perusda
Bank SUlsel Bar

Hari Ini, Pangdam XIV Hasanuddin Resmi Berganti

on 23/7/18 Oleh Fritz Wongkar
Hari Ini, Pangdam XIV Hasanuddin Resmi Berganti
Mayjen TNI, Agus Surya Bakti

KabarMakassar.com -- Serah terima jabatan (Sertijab) di jajaran Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Angkatan Darat (Mabes TNI AD), hari ini resmi berganti di aula Abdul Haris Nasution lantai 3 Mabes TNI AD Jakarta Pusat. Senin 23 Juli 2018. Dimana sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono. Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti digantikan oleh Mayjen TNI Surawahadi.

Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengabdi di Kodam XIV Hasanuddin kurang dari 3 tahun lamanya, dimana pada 28 Oktober 2015 silam ia menggantikan posisi Mayjen TNI Bachtiar. Kini jabatannya diisi oleh Mayjen TNI Surawahadi. Ia menjelaskan jika sosok penggantinya lebih keras di bandingkan dirinya. 

"Pangdam yang gantikan saya itu dari Kostrad, jelas itu sangat semangatnya lebih bagus, saya kenal karena adik kelas saya, satu tahun di bawah saya. Kemudian dia baguslah, selama ini beliau banyak di dunia latihan dan memang karakternya berbeda dengan saya dia agak keras sedikit,"kata Agus.

Sebelum meninggalkan Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti memberikan sumbangsihnya dengan menyelesaikan pembangunan gedung tiga lantai dan renovasi gedung lantai dua perwakilan Kodam XIV Hasanuddin yang berlokasi di Jakarta Pusat tepatnya di jalan Dr Wahidin nomor 1. Ia pun berpesan jika salahsatu dalam areal pembangunan tersebut bisa dibangunkan musholah. "Kesejahteraan prajurit, bukan hanya berupa pemberian uang dan harta benda tetapi juga penginapan yang layak. Dan ini menjadi sebuah kesejahteraan"Tambahnya.

Untuk diketahui jika Mayejen TNI Agus Surya Bakti bakal di promosikan ke Asisten Intelijen Panglima TNI.

Berikut riwayat jabatan Mayjen TNI AD Agus Surya Bakti,

- Dan Unit Grup-1
- Dan Tim Grup-1 Kopassus
- Danyon-42 Grup 4 Kopassus
- Dandenma Kopassus
- Waasintel Danjen Kopassus
- Komandan Grup 3/Sandi Yudha, Kopassus
- Asintel Kodam Iskandar Muda
- Paban Utama C-4 Dit C Bais TNI
- Danpusdik Intel Kodiklat Angkatan Darat
- Danrem 152/Babullah (2009)
- Waaster Kasad (2010)
- Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT
- Pangdam VII/Wirabuana (2015-2017)
- Pangdam XIV/Hasanuddin (2017-2018)
- promosi jabatan Asisten Intelijen Panglima TNI (2018-Sekarang).