Perusda
Bank SUlsel Bar

Facebook dan Instagram Siap Tutup Akun Pengguna Dibawah Umur

on 20/7/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Facebook dan Instagram Siap Tutup Akun Pengguna Dibawah Umur
Facebook Instagram.(Ist)

KabarMakassar.com -- Setelah meningkatkan kinerja dalam menginvestigasi laporan pengguna di bawah umur yang tidak sesuai peraturan, Instagram dan Facebook kembali lebih proaktif dengan melakukan pemblokiran akun pengguna yang usianya di bawah 13 tahun.

Semula, kebijakan kedua media sosial ini hanya sebatas menginvestigasi laporan yang menyebut ada pengguna di bawah umur di platform-nya.

Dilansir Tech Crunch pada Jumat, 10 Juli 2018, Facebook mengonfirmasi adanya perubahan operasional pada kebijakan peninjauan akun per minggu ini.

Dalam kebijakan barunya, disebutkan Facebook akan mengunci atau memblokir akun milik pengguna di bawah umur, apapun alasannya. Facebook mula-mula akan mempersyaratkan pengguna untuk membuktikan kalau mereka berusia di atas 13 tahun, yakni lewat tanda pengenal. Jika tak terbukti berusia di atas 13 tahun, barulah akun akan dikunci atau diblokir. 

Masalahnya sejak awal membuat akun, Facebook dan Instagram tidak mensyaratkan pengguna memberi bukti kalau mereka berusia di atas 13 tahun.

Selain itu jika kebijakan ini diterapkan, risikonya kedua jejaring sosial akan kehilangan sejumlah penggunanya serta pendapatan iklan. Perubahan kebijakan ini merupakan respon atas laporan dokumenter oleh UK Channel 4 dan Firecrest Film.

Dokumenter itu menemukan adanya seorang jurnalis yang menjadi reviewer di Facebook melalui pihak ketiga bernama CPL Resources di Dublin, Irlandia.

Dalam wawancaranya, reviewer ini rupanya tak berbuat apa-apa saat ada pengguna berusia di bawah 13 tahun.

Kami harus memiliki bukti bahwa orang tersebut di bawah umur, kalau tidak, kami berpura-pura buta dan tidak tahu bahwa pengguna tersebut di bawah 13 tahun," tuturnya seorang reviewer.

Kini, juru bicara Facebook mengonfirmasi, perusahaan bakal mengubah pelatihan reviewer mereka untuk lebih menegakkan kebijakan soal usia di platform Facebook dan Instagram.

Hal ini tidak berarti Facebook akan memperluas perburuan pengguna di bawah umur, tetapi para reviewer tidak boleh lagi abai dan pura-pura buta saat menemukan adanya pengguna di bawah 13 tahun yang terjaring karena laporan dalam bentuk apapun.