Soni pastikan aktifitas Disdukcapil Palopo kembali normal

Andhy Sukri

Soni pastikan aktifitas Disdukcapil Palopo kembali  normal

KabarMakassar.com--Perihal Diputusnya Jaringan sistem perekaman e-KTP di Palopo oleh kementerian dalam negeri  sehingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palopo satu bulan terakhir ini tak lagi melayani perekaman dan penerbitan e-KTP.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya sesaat setelah pertemuan dengan sepimti polri dirjen otda yang juga Penjabat Gubernur sulsel mengatakan bahwa apa yang terjadi di Disdukcapil kota Palopo adalah sebuah hukuman akibat ketidak disiplinnya kepala daerah dan merupakan edukasi

" penyebabnya, ini sebuah hukuman sebenarnya Kepada daerah yang tidak di siplin sebuah proses yang sifatnya edukasi karena untuk mengganti kepala dinas dukcapil itu harus izin tertulis Kemendagri bukan kewenangan daripada Walikota.  Karena mereka yang Kepala dinas dukcapil sudah di training sampai ratusan juta, memindahkan kepala dinas dukcapil sama dengan memindahkan pimpred, dari nol lagi kan kalau gitu. Nggak bisa gitu orang nggak punya pengalaman karena itu jaringan di tutup .

dengan harapan kadis dukcapil yang lama di balik kan kembali kemudian jaringan di buka. persoalannya adalah yang memindahkan kadis dukcapil  Judas cuti, Pj sekarang harus izin juga ke Mendagri juga jadi komplek masalah administrasi menjadikannya lama, sebutnya

Soni juga memastikan dalam waktu dekat aktifitas Disdukcapil akan berjalan normal karena menurutnya pelayanan publik di atas segala-galanya.

" Tapi saya sudah menelpon ke dukcapil, saya minta sanksi administrasi itu jangan sampai mengorbankan pelayanan publik, saya nggak  mau apapun alasannya. Sudah dua Minggu ini tidak ada pelayanan KTP harus segera diakhiri dan saya minta hari ini bahkan kalau perlu besok dukcapil yang lama di Lantik kembali, lalu jaringan di fungsikan juga hari itujuga. Mudah-mudahan besok sudah ada pelayanan e-KTP di Palopo, saya nggak mau ambil resiko, terlalu lama terlantar kepentingan publik di atas segala-galanya, tegasnya.

Perlu di ketahui penyebab Pemutusan jaringan sistem e-KTP itu dilakukan karena persoalan penggantian Kadisdukcapil Palopo, dari Asir Mangopo kepada Akram Risa, Sebab penggantian Kadisdukcapil Palopo tanpa melalui persetujuan Mendagri. Harusnya, sesuai aturan, penggantian Kadisdukcapil harus atas izin Mendagri. 

Penulis :

Editor :