Perusda
Bank SUlsel Bar

Pj Gubernur: Masyarakat Harap Sabar Untuk Haji

on 13/7/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Pj Gubernur: Masyarakat Harap Sabar Untuk Haji
Ilustrasi haji.(Ist)

KabarMakassar.com -- Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono memimpin Apel Besar Siaga Haji bersama Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) di Embarkasi Asrama Haji Jalan Asrama H. Sudiang, Biring Kanaya, Kota Makassar pada Jumat, 13 Juli 2018.

Sumarsono menjelaskan kehadiran Kementerian Agama (Kemenag) sebagai instansi yang penting dalam menjalankan proses ibadah haji harus mendapat dukungan dari berbagai sektor lain.

"Kemenag hanya leading sektor semua harus mendukung, perbaikan saat pemberangkatan, saya yakin SOP sudah jelas, sisa transportasi persiapan keberangkatan itulah yang paling menyita tenaga," kata Soni Sumarsono.

Kemenag Sulsel Iskandar juga menjelaskan mengatakan telah melakukan sejumlah persiapan jemaah haji tahun ini. Diantaranya dengan melakukan rapat koordinasi berbagai pihak seperti otoritas Bandara, rapat dengan Provinsi serta 24 kabupaten dan kota se Sulsel.

"Kita bahkan telah koordinasi dengan beberapa provinsi, mengundang kadis kesehatan, kemarin juga telah dibentuk panitia persiapan ibadah haji," katanya saat ditemui di lokasi Embarkasi Asrama haji Sudiang.

Diketahui, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan akan memberangkatkan calon jamaah haji dari 8 provinsi di wilayah timur Indonesia yang terbagi dalam 35 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah sebanyak 15.898 jamaah.

Khusus jamaah Sulsel akan terdiri dari 24 kabupaten dan kota sebesar 7.296. Sedangkan untuk provinsi dari luar Sulsel terdiri dari Gorontalo dengan jumlah sebanyak 983 jamaah, Sultra 2.023 jamaah, Maluku 1.074 jamaah, Maluku Utara 1.072 jamaah, Sulbar 1.455 jamaah, Papua 1.060 jamaah dan Papua Barat 719 jamaah.

"Alhamdulillah tahun ini Insyaallah embarkasi Makassar berangkatkan 15.898 jamaah. Kami akan berangkat secara bertahap dalam 35 kloter. Khusus untuk Sulsel, jamaahnya 7.296 jama'ah," kata Iskandar saat ditemui di Asrama Haji Sudiang, Makassar pada Jumat 13, Juli 2018.

Soni menambahkan dibutuhkannya kesabaran masyarakat mengingat jumlah partisipasi jamaah haji di Sulsel yang tergolong tinggi.

"Masyarakat harus sabar, ini semua sudah diatur dengan baik siapa yang harus diberangkatkan oleh Kemenag. Jadi tidak mungkin antrian yang ke 20 besoknya langsung berangkat," tambah Sumarsono.