Perusda
Bank SUlsel Bar

Inilah Daftar Manisfest KMP Lestari Maju

KM Lestari Maju Tenggelam

on 3/7/18 Oleh Fritz Wongkar
Inilah Daftar Manisfest KMP Lestari Maju
Sejumlah Kendaraan mini bus diatas kapal feri KMP Lestari Maju sesaat sebelum tenggelam [Ist]

KabarMakassar.com -- Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju tenggelam saat melalui rute penyeberangan pelabuhan Bira Bulukumba menuju pelabuhan Pamatata Selayar pada pukul 10:00 Wita, Selasa 3 Juli 2018.

Kapal jenis feri tersebut membawa 139 penumpang dan 48 unit kendaraan. Dari laporan keberangkatan KMP Lestari Maju yang dinahkodai oleh Agus Susanto, terjadi kebocoran pada bagian lambung kapal, ombak yang deeras menghantam lambung kapal sehingga mengalami kebocoran. Akibatnya air masuk dari dek lantai dasar, kapal tersebut pun miring dan ratusan penumpang berusaha lompat ke laut saat hendak merapat di pantai Paba'dilang, Desa Bungayya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten kepulauan Selayar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kabarmakassar.com bahwa 4 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB melansir jika Kapal KMP Lestari Maju sedang berlayar menuju KabupatenSelayar dan di perkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam. "KMP Lestari Maju berlayar menuju Kabupaten Selayar pelabuhan Pamatata' dari Kabupaten Bulukumba pelabuhan Bira, pada pukul 14.30 Wita terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam"kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,Purwo Nugroho rilis yang diterima KabarMakassar.com, Selasa 3 Juli 2018.

Lebih lanjut Sutopo dalam keterangannya mengatakan jika BPBD membantu penanganan dan melakukan pendataan. 

Laporan lanjut akan disampaikan jika sudah ada laporan lebih lengkap. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD, Basarnas dan pihak lain. BNPB dan BPBD bersifat pendukung dalam penanganan kecelakaan laut karena focal point atau instansi yang berwenang menangani adalah Basarnas.

Berikut daftar manifest KMP Lestari Maju;

- Mobil pribadi 14 unit.
- Mobil Truk 7 unit
- Mobil Bus gol V, 1 unit
- Mobil Bus gol VI, 1 unit
- Mobil 12 Roda 11 unit
- Motor 14 unit.
Total 48 kendaraan roda empat dan roda dua yang ada di dalam kapal KMP Lestari Maju saat menju pelabuhan Pamatata Selayar.