Perusda
Bank SUlsel Bar

Marquez Juarai Sirkuit Assen

Laurensia Maggie Picarima

on 1/7/18 Oleh Redaksi
Marquez Juarai Sirkuit Assen
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com - - Marc Marquez menjadi pemenang pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu 1 Juli 2018. Podium MotoGP Belanda juga diisi Alex Rins dan Maverick Vinales. 

Dilansir Liputan6.com, Marquez menyelesaikan balapan yang berlangsung 26 lap ini dengan catatan waktu 41 menit 13,863 detik. Dia unggul 2,269 detik atas Rins yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Vinales yang terpaut 2,308 detik dari Marquez.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menyelesaikan balapan di posisi keempat. Dia unggul atas Valentino Rossi, Cal Crutchlow dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Persaingan sengit terjadi pada awal balapan. Lorenzo, Marquez, Rossi dan Dovizioso bersaing ketat di grup depan. Lorenzo tampil luar biasa. Mengawali balapan dari grid ke-10, pembalap asal Spanyol itu melesat ke depan.

Pada lap keempat, Lorenzo dan Rossi nyaris terlibat tabrakan pada tikungan ke-13. Meski bersenggolan, kedua pembalap tetap dapat melanjutkan balapan.

Saat Lorenzo tetap memimpin balapan, Rossi justru melorot ke posisi empat pada lap keenam. Dia disalip Marquez dan Dovizioso. Tak lama berselang, The Doctor kembali melorot. Kali ini pembalap asal Italia itu disalip Rins.

Performa Rins layak diacungi jempol. Pada lap kedelapan, pembalap Suzuki itu berhasil menyalip Dovizioso yang menempati posisi ketiga.
Persaingan di baris depan terus berjalan sengit. Akibatnya, Marquez nyaris terjatuh saat balapan tersisa 15 lap. Dia hampir tergelincir setelah menyentuh Rins pada tikungan kelima dalam perebutan posisi kedua.

Alhasil, Marquez melorot ke posisi empat. Sementara Rins berhasil merangsek ke posisi dua, di belakang Lorenzo. Posisi ketiga diisi Dovizioso.

Dua lap berselang, Dovizioso melakukan manuver apik untuk melewati Rins. Kecepatan Ducati ikut berperan besar saat pembalap asal Italia itu merebut posisi kedua.
Satu lap kemudian, Dovizioso memimpin balapan. Dia menyalip Lorenzo yang tampak kalah cepat.

Saat duo Ducati bersaing dalam perebutan posisi pertama, Marquez menguntit di posisi ketiga. Bahkan, dia berhasil memanfaatkan momen untuk menyalip Lorenzo pada tikungan jelang garis finis.

Rossi kembali ke persaingan saat balapan tersisa 10 lap. Dia melewati Vinales pada tikungan pertama untuk merebut posisi keempat. Vinales membuat gebrakan pada lap ke-17. Dia melewati Rossi dan Marquez untuk menempati posisi ketiga. 

Persaingan kian ketat jelang akhir balapan. Dovizioso, Marquez, Lorenzo, Vinales dan Rossi terlibat aksi saling salip. Dovizioso memimpin balapan, diikuti Vinales dan Marquez. Sementara Lorenzo terpuruk di posisi keenam.

Saat balapan tersisa delapan lap, Vinales memimpin balapan. Dia melewati Dovizioso yang melorot ke posisi ketiga karena juga dilewati Marquez.

Kesalahan fatal dibuat Marquez dan Vinales. Keduanya melebar setelah sempat bersenggolan. Hal ini dimanfaatkan Dovizioso dan Rossi untuk melesat ke depan.

Namun, tak butuh waktu lama buat Marquez berada di depan. Dia memacu motor hingga batas maksimal untuk melewati Dovizioso dan Rossi. 

Rossi turut membuat kesalahan fatal saat balapan tersisa dua lap. Dia melebar saat hendak melewati tikungan pertama. Alhasil, The Doctor melorot ke posisi enam.

Sementara Marquez kian kukuh berada di depan. Dia unggul jauh atas Vinales dan Rins yang berada di posisi kedua dan ketiga. Marquez menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Diikuti Rins dan Vinales yang melebar sebelum tikungan terakhir. Sementara Dovizioso dan Rossi menempati posisi keempat dan kelima.