Tujuan Kunjungan Wakapolda di Kantor KPU Makassar

Tujuan Kunjungan Wakapolda di Kantor KPU Makassar

KabarMakassar.com -- Wakapolda Brigjen Pol Risyapudin Nursin melakukan pemantauan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar di Jalan Perumnas Antang Raya, Selasa, 26 Juni 2018.

Dalam kunjungannya, Risyapudin Nursin didampingi oleh Kapolrestabes Irwan Anwar dengan diterima  langsung Ketua KPU Makassar Syarif Amir dan Kapolsek Manggala Kompol Hasniati pada pukul 13.00 Wita.

Adapun kunjungan ini dalam rangka koordinasi Polda bersama KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berupa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan dan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar yang akan berlangsung pada Rabu besok, 27 Juni 2018.

"Kunjungan kita ke sini dalam rangka berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan besok dari KPU, termasuk  kesiapan logistik Pilkada dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah akan tergelar pada hari ini," jelas Risyapudin Nursin.

Ia menambahkan kehadirannya juga sebagai bentuk pengecekan peran KPU dalam mengawasi Panitia Pemiliihan Kecamatan (PPK), Panitia Penghitungan Suara (PPS) dan TPS guna membantu menyiapkan segala hal yang dibutuhkan di hari terakhir.

"Kebetulan juga tadi saya sudah mengecek di beberapa kecamatan kesiapan dari pada PPK, PPS dan TPS yang sudah digelar di masing-masing Kelurahan, tadi saya juga sudah berkoordinasi dengan KPU bahwasanya hal-hal yang masih kurang perlu kita siapkan pada hari terakhir ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Makassar Syarif Amir menjelaskan proses persiapan Pilkada 2018 besok telah berjalan lancar dan tidak ditemukkannya kendala yang berarti.

"KPU Makassar siap untuk melaksanakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan dan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar. Distribusi logistik sudah kami lakukan kurang lebih sejak satu pekan yang lalu secara bertahap, jadi logistik yang sudah siap langsung kita kirim ke teman-teman PPK dan didistribusikan secara berjenjang ke teman-teman PPS. Insyaallah hari ini juga di lanjutkan ke tingkat TPS," jelasnya.

Menurutnya, secara umum tidak ada kendala yang signifikan menghambat persiapan pesta demokrasi besok yang merupakan buah kerjasama dengan pihak keamanan.

"Bisa kita katakan lancar, ini juga berkat dukungan dari kepolisian baik dari Polda Sulawesi Selatan, Polrestabes Makassar, Polres pelabuhan beserta Polsek sebagai ujung tombak yang membantu kami untuk mengawal distribusi logistik," ujar Syarif Amir.

Perlu diketahui, beberapa hari sebelumnya Wakapolda Sulawesi Selatan Risyapudin Nursin dibanjiri banyak laporan terkait banykanya indikasi polisi yang dianggap tidak netral dalam Pilkada 2018 besok.

[Andhy Sukri]

Penulis :

Editor :