SPAK, Himbau Perempuan Pemilih Suarakan Hak pilihnya

SPAK, Himbau Perempuan Pemilih Suarakan Hak pilihnya

KabarMakassar.com -- Pilkada merupakan proses demokrasi yang harus dikawal oleh semua warga negara, termasuk perempuan karena suara perempuan sangat berharga. 

Saya Perempuan Anti Korupsi Sulawesi Selatan (SPAK Sulsel) mengajak setiap perempuan untuk menggunakan hak pilihnya, karena setiap suara penting untuk setiap daerah hingga 5 tahun ke depan. 

“Jangan pernah menjual atau menukar suara kita dengan apapun," ujar Ema Husaian Koordinator SPAK Sulsel Senin 25 Juni 2018. 

Karenanya itu  SPAK mengajak perempuan untuk memilih calon terbaik dan menghindari calon pilhan yang memiliki latar belakang,yang  terindikasi korupsi atau kerap berperilaku koruptif . Wanita yang berlatar aktivis ini menyampaikan jika memilih calon yang seperti ini akan mengambil hak warganya dan tidak perduli dengan tugas dan kewajibannya. 

Selain itu menurut Ema,Calon yang terindikasi melalukan pelecehan atau kekerasan pada perempuan, anak, disabilitas atau kelompok marjinal lainnya. Melecehkan kelompok-kelompok ini berarti tidak menghargai kehidupan.

"kita berharap tidak memilih Calon yang diskriminatif (mengedepankan SARA). Diskriminasi bertentangan dengan UUD ’45 dan Pancasila. Diskriminasi akan memecah-belah bangsa Indonesia dan memicu konflik yang berkepanjangan," ujarnya. 

Dia menjelaskan Perempuan juga bisa berperan aktif menjaga integritas proses pemilihan dengan berbagai , diantaranya Memastikan diri terdaftar dan memiliki dokumen untuk memilih sesuai dengan ketentuan. 

Karenanya dia meminta para pemilih Datang lebih awal ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk memperhatikan penjelasan dan tata cara pemilihan dari petugas

"Pastikan mengikuti seluruh tata cara pemilihan dan mencoblos sesuai ketentuan,Jangan terpengaruh dengan suara-suara yang mencoba mempengaruhi saat menunggu di TPS karena pilihan Anda adalah rahasia,Jangan merasa terintimidasi dengan kehadiran orang atau sekelompok orang dari calon atau kelompok tertentu. Dan yang terpenting Jangan ragu mengikuti proses perhitungan suara," jelasnya.

Ema menghimbau jika perempuan juga warga negara yang memiliki hak suara yang sama dengan kaum laki-laki.

"Sebagai warga negara, kita memiliki hak memberikan suara atau memilih. Ini merupakan hak dasar yang dijamin pemenuhannya oleh negara,Jangan ragu melaporkan bila ada yang tidak sesuai ketentuan," tegasnya.

Penulis :

Editor :