Begini Suasana Halal Bi Halal Warga Sulsel di Jepang

Begini Suasana Halal Bi Halal Warga Sulsel di Jepang


KabarMakassar.com -- Warga masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di "negeri sakura" Jepang menggelar Halal Bi Halal. Dimana kegiatan tersebut di inisiasi oleh Persatuan Pelajar Indonesia Ehime (PPI Ehime), Matsuyama Islamic Cultural Center (MICC), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI Osaka) dan PPI Jepang Korda Shikoku. Minggu 24 Juni 2018.

Panitia kegiatan Halal bi Halal, Ang Gunawan Saleh mengatakan jika kegiatan ini di ikuti 30 orang warga Sulsel yang berada di Jepang. Selain itu ia juga mengatakan jika ada dari beberapa provinsi di Jepang juga yang hadir seperti dari Pulau Shikoku, Kochi dan Provinsi Kagawa.

"Jadi sekira ada 30 orang lebih orang Sulsel yang mengikuti kegiatan ini. Dimana selain dari provinsi Ehime ada tiga provinsi lainnya juga hadir yakni dari pulau Shikoku, Kochi dan Provinsi Kagawa"kata Ang Gunawan kepada KabarMakassar.com

Ia menambahkan jika kegiatan ini menjalin silaturahmi antar warga Indonesia terkhusus orang-orang Sulawesi Selatan yang ada di Jepang. Halal bi Halal warga Sulsel ini di pusatkan di Kota Matsuyama, Provinsi Ehime, Jepang.

"Dalam kesempatan ini juga hadir pihak KJRI Osaka, di mana mereka melayani proses keimigrasian dan terkait masalah-masalah yang kerap dihadapi warga Sulsel di Jepang ini. Selain itu pula beberapa warga Sulsel di Jepang mengenyam pendidikan S1, S2 dan S3. Tidak hanya itu adapula yang melakukan pelatihan kerja atau dengan istilah Jepang "Kenshusei" serta WNI yang menikah dengan orang Jepang"tutup Ang Gunawan yang juga bekerja di Provinsi Ehime Jepang.

Halal bi halal tersebut juga dihadiri perwakilan KJRI Osaka, Yuyun Kamhayun yang secara khusus hadir mewakili KJRI Osaka, Mirza Nurhidayat yang berhalangan hadir. 

Uniknya jika budaya arisan masih di lakukan warga Sulsel di Jepang. Dimana usai kegiatan tersebut, beberapa ibu-ibu yang kini tinggal di negeri sakura tersebut menggelar arisan. Dimana hala bi halal yang digelar setahun sekali tersebut kerap diselipkan dengan arisan.

Laporan dari Early Gunawan, Kota Matsuyama Ehime Jepang.

Penulis :

Editor :