Perusda
Bank SUlsel Bar

Polres Jeneponto Gelar Apel ketupat jelang Lebaran

on 6/6/18 Oleh A. Nurul Gaffar
Polres Jeneponto Gelar Apel ketupat jelang Lebaran
Kapolres Jeneponto saat lakukan giat apel Ketupat di Halaman Mapolres Jeneponto.(Foto: KabarMakassar.com)

KabarMakassar.com -- Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto lakukan apel pasukan operasi ketupat di Halaman Mapolres Jeneponto, Jalan Sultan Hasanuddin No.66 Kelurahan Empoang Kota Kecamatan Binamu. Kabupaten Jeneponto pada Rabu 06 Juni 2018.

Apel pasukan Operasi Ketupat 2018 ini mengusung tema Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan rasa aman pada perayaan Idul Fitri 1439 H.

Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto S.I.K, bertindak Inspektur Upacara dan selaku Perwira Upacara Kasat Lantas Res Jeneponto AKP Andi Aki Imran, SH dan bertindak selaku Komandan upacara Kanit Laka Sat Lantas Polres Jeneponto Ipda Sukardi.

Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto dalam sambutannya menjelaskan kegiatan operasi kepolisian ini merupakan operasi serentak diseluruh jajaran Polda hingga 25 Juni 2018.

"Ini juga sebagai salah satu operasi kepolisian yang dilaksanakan secara serentak di seluruh polda Jajaran selama 18 hari, yang dimulai dari tanggal 07 Juni sampai 25 Juni 2018," jelas Hery Susanto.

Ia menambahkan, operasi yang melibatkan sebanyak 173.397 personil pengamanan gabungan ini melibatkan berbagai unsur seperti Polri, TNI, Pemda serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya. Adapun operasi gabungan ini juga akan memperhatikan 4 potensi kerawanan di bulan Ramadan.

"Rencana operasi disusun melalui serangkaian operasi Ramadan pada tahun 2017 disertai analisa potensi gangguan Kamtibmas di Tahun 2018.  Pada pelaksanaan operasi tahun ini setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama," tegasnya.

Pada Tahun ini, potensi permasalahan yang perlu diawasi masih berkisar pada masalah stabilitas harga dan bahan pangan, distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel/mafia pangan, maupun peliraku negatif usaha yang menaikkan harga diatas yang ditetapkan.

"Juga ada permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik hasil survei jalan yang dilaksanakan oleh kakorlantas Polri bersama kementerian terkait maupun Dinas Jasa Marga dan pertamina, mendapati sekurangnya terdapat 6 lokasi rawa macet," sambungnya.

Khusus permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, polres Jeneponti mengoptimalkan pelayanan dengan mengoperasikan 3.097 pos pengamanan, 1.112 Pos pelayanan, 7 Pos terpadu dan 12 cek pos cek poin yang tergelar selama penyelenggaraan operasi.

"Yang terpenting harus diantisipasi dalam operasi adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis. Untuk itu, para kasatwil diharapkan dapat mengambil langkah preemptive maupun preventive yang diperlukan sehingga bisa bisa menekan potensi yang ada." tambah Herry.

Herry kemudan menyampaikan harapannya agar seluruh Kasatwil dapatv terus menerus berkoordinasi dengan pihak Basarnas, BMKG, dan pihak terkait lainnya dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam.

"Tidak lupa ancaman tindak pidana terorisme guna mengantisipasi potensi aksi terorisme, saya menekankan kepada seluruh kasatwil untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi intelijen dengan pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, Mako Polri serta aspek keselamatan personil pengamanan harus menjadi perhatian," tutupnya.

Adapun susunan pasukan yang hadir dalam upacara gelar pasukan adalah:

1. 1 (satu) pleton Kodim 1425/Jeneponto
2. 3 (tiga) pleton Gabungan Polres Jeneponto
3. 1 (satu) pleton Sat Lantas
4. 1 (satu) pleton gabungan Reskrimum, Res Narkoba, Intel dan Sat Tahti
5. 1 (satu) pleton Dinas Perhubungan
6. 1 (satu) pleton Sat Pol PP
7. 1 (satu) pleton Damkar
8. 1 (satu) regu petugas kesehatan
9. 1 (satu) pleton pramuka.