Lolos 16 Besar, Mbappe Bikin Sejarah di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018

Lolos 16 Besar, Mbappe Bikin Sejarah di Piala Dunia 2018

KabarMakassar.com -- Pelatih Perancis di Piala Dunia 2018, Didier Deschamps tak salah memanggil pemain muda, Kylian Mbappe. Dimana golnya saat berhadapan dengan Timnas Peru di grup C Piala Dunia jelang turun minum berhasil mencetak sejarah bagi Perancis diajang Piala Dunia 2018 sebagai pemain termuda yang menciptakan gol di usia 19 tahun 6 bulan.

Tidak hanya itu Mbappe juga membawa Perancis di grup C sebagai tim yang lolos di putaran 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia. Pemain asal klub Paris Saint-Germain (PSG) ini juga berhasil menyingkirkan Peru di grup C berkat golnya pada menit ke-34.

Sementara itu laga terakhir Grup C pada Selasa, 26 Juni mendatang, hanya berpengaruh bagi Perancis untuk menentukan juara grup. Mereka akan menghadapi Denmark, yang saat ini mengoleksi empat poin, sedangkan Peru bertemu Australia, yang masih memiliki peluang lolos.

Jika Australia menang atas Peru dan Denmark kalah dari Perancis maka The Socceroos, julukan Australia, berpotensi lolos mendamping Perancis. Namun jika Denmark yang menang maka tim Dinamit yang lolos sebagai juara grup dan Perancis sebagai runner-up.

Untuk diketahui pula juga jika striker PSG ini mampu menggeser rekor sebelumnya, dimana rekor sebelumnya disandang oleh dua penyerang legendaris Les Bleus, Thierry Henry dan David Trezeguet. Keduanya sempat mengukir rekor serupa di Piala Dunia 1998, dengan sama-sama mencetak gol di usia 20 tahun.

Henry (20 tahun 10 bulan) mencetak tiga gol dan menjadi topskor Prancis di sepanjang turnamen, sementara Trezeguet (20 tahun 8 bulan) membikin satu gol. Keduanya berkontribusi positif untuk membawa Prancis menjadi juara dunia di rumah sendiri.

Awal karir Mbappe saat berada di AS Bondy, dilatih oleh ayahnya, Wilfried. Akhirnya ia pindah ke akademi Clairefontaine, menempatkan sejumlah penampilan mengesankan yang menyebabkan banyak klub Perancis, dan klub spanyol Real Madrid dan Valencia, mencoba untuk mengontraknya. 

Mbappe juga melakukan perjalanan ke klub Inggris Chelsea untuk percobaan ketika ia berusia 11 tahun dan bahkan memainkan pertandingan untuk tim muda melawan Charlton. Mbappé akhirnya menetap di Monaco.

Setelah itu tahun tanggal 31 Agustus 2017, Paris Saint-Germain mengumumkan penandatanganan Mbappe dari Monaco dengan status pinjaman. Biaya yang diperlukan untuk full transfer berikutnya telah ditetapkan sebesar €145 juta plus €35 juta pada kontak tambahan, yang berpotensi membuatnya pemain kedua paling mahal, hanya di belakang rekan setimnya Neymar. 

Ia menyerahkan kemeja nomor 29 setibanya di ibukota Perancis. Mbappe mencetak gol pada debutnya pada tanggal 8 September di kemenangan 5-1 Ligue 1 atas Metz, di mana Benoît Assou-Ekotto mendapatkan kartu merah karena menjatuhkannya. Empat hari kemudian, Mbappé mencatatkan gol pertamanya di Eropa untuk kemenangan Les Parisiens di 5-0 UEFA Champions League penyisihan grup atas laga tandang Celtic.

Mbappe membintangi kemenangan PSG 3-0 atas Bayern Munich di pertandingan kedua babak penyisihan grup Liga Champions, memberi assist bagi gol Edinson Cavani dan Neymar, gol keduanya mengecoh keluar bek dengan tipuan menggulirkan bola di bawah kaki-nya. Pada 8 Mei 2018, ia bermain saat PSG menang 2-0 melawan Les Herbiers VF untuk meraih Coupe de France musim 2017-18.

Bermain untuk negaranya sendiri, Mbappe mencatat hasil yang baik debutnya bersama tim senior di Monaco dengan mencetak lima gol untuk Prancis saat mereka memenangkan 2016 UEFA European Under-19 Championship, penyerang ini hampir sendirian mengamankan tempat mereka di final dengan kinerja mereka yang luar biasa dalam kemenangan 3-1 melawan Portugal di semi-final.

Mbappe dipanggil ke skuat tim senior Prancis untuk pertama kalinya untuk menghadapi Luksemburg dan Spanyol pada bulan Maret 2017. Dia melakukan debut pertama pada tanggal 25 Maret 2017 melawan mantan juara, datang menggantikan Dimitri Payet pada menit ke-78 saat menang 3-1 di 2018 FIFA di kualifikasi Piala Dunia. Dengan demikian, ia menjadi pemain termuda kedua (hanya di belakang Maryan Wisnieski) yang pernah membela tim nasional Prancis pada usia 18 tahun, tiga bulan dan lima hari. Pada tanggal 31 Agustus 2017, Mbappé mencetak gol pertamanya bersama timnas senior, gol di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Belanda.

Pada 17 Mei 2018, ia dipanggil sebagai salah satu dari 23 orang skuad prancis untuk Piala Dunia 2018 di Rusia.

Nama lengkap: Kylian Mbappé Lottin
Tanggal lahir: 20 Desember 1998 (umur 19)
Tempat lahir: Paris, France
Tinggi: 178 m (584 ft 0 in)
Posisi: Penyerang
No Punggung: 29.

Penulis :

Editor :