Perusda
Bank SUlsel Bar

Antisipasi Lonjakan Penumpang, OPM Siapkan 23 Kapal

on 4/6/18 Oleh Redaksi
Antisipasi Lonjakan Penumpang, OPM Siapkan 23 Kapal
Suasana pelabuhan Soekarno-Hatta.(Foto: Liputan6.com)

KabarMakassar.com -- Penumpang transportasi perairan diprediksi semakin meningkat di bulan Ramadan terkhusus memasuki arus mudik lebaran. 

Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar (OPM) Ir. Rahmatullah M.Si menjelaskan puncak arus mudik lebaran diperkirakan terjadi pada H-7 Idul Fitri dan akan mempengaruhi kuantitas penumpang transportasi laut yakni kapal.

Demi mengansipasi puncak arus mudik tersebut, OPM kemudian melakukan berbagai persiapan seperti penyediaan jumlah kapasistas pelabuhan dan peningkatan pelayanan pelabuhan Kota Makassar.

"Untuk saat ini, kapasitas terminal penumpang pelabuhan kami disini bisa menampung 1752 orang atau sama dengan jumlah kursi ruang tunggu yang ada," tegas kepala OPM itu pada Sabtu, 2 Juni 2018.

Dari data yang diperoleh Redaksi KabarMakassar.com, diperkirakan mudik tahun 2018 akan mengalami peningkatan 5 persen dibandingkan tahun lalu. 

"Pada tahun 2017 penumpang yang naik di Pelabuban Makassar sebanyak 52.903 penumpang. Tahun ini diprediksi naik menjadi 55.548 penumpang," jelas Rahmatullah.

Ia menambahkan untuk melayani penumpang tetsebut, pihak pelabuhan Kota Makassar telah menyiapkan 23 armada yang terdiri dari kapal PT Pelni (Milik 15 kapal dan Perintis 3), PT Darma Lautan Utama (3 kapal), PT. Prima Vista (1 kapal) dan PT Indri Samudera Line (1 kapal).

"23 kapal tersebut bisa menampung hingga 36.964 penumpang," jelasnya.

[Wahyu Ilahi]