Daftar Sekolah, Tak Perlu Lagi Pakai Legalisir KK

Daftar Sekolah, Tak Perlu Lagi Pakai Legalisir KK

KabarMakassar.com -- Masyarakat meneriakan kegembiraan mereka setelah mendengar kebijakan baru pendaftaran siswa baru yang membutuhkan legalisir Kartu Keluarga (KK) tidak lagi dibutuhkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Jumat 22 Juni 2018

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba melalui pengeras suara 

"Ibu-bapak orang tua siswa, bisa mi dibawah langsung kartu keluarga tahun di sekolah tempat ta mendaftar, nanti kalau ada masalah di database baru yang dibawa kesini," infonya melalui pengeras suara.

Informasi yang disampaikan sontak membuat orang tua siswa yang telah menunggu sejak pagi merasa lega mendengar kebijakan yang di beritahukan. 

Diketahui sebelumnya orangtua siswa mendatangi kantor Disdukcapil guna melegalisir Kartu Keluarga sebagai persyaratan pendaftaran masuk sekolah

"Kemarin sudah mulai kacau karena ada perubahan peraturan orang tua yang sebelumnya hanya disuruh membawa  Kartu keluarga asli dan fotocopy, sampai sekolah malah disuruh legalisir makanya tumpah semua disini," jelas Nielma saat diwawancarai dikantor Disdukcapil.

Nielma Palamba, menyampaikan dirinya telah merundingkan dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan di mediator Disdukcapil provinsi terkait kebijakan untuk memudahkan orangtuanya siswa dengan memberikan keringanan persyaratan pendaftaran.

"Setelah saya berkoordinasi dengan disdukcapil provinsi untuk memfasilitasi saya dengan dinas pendidikan melalui telepon, tadi saya sudah dapat informasi silahkan orang tua datang ketempat mendaftar bawa KK aslinya nanti disana kalau ada masalah dengan database baru bawa kesini," ungkapnya.

Membludaknya masyarakat di kantor Disdukcapil juga berpengaruh pada arus lalulintas sepanjang jalan Alaudin yang menyebabkan kemacetan.

"Kami kewalahan dengan pihak keamanan itu sudah kacau diluar, sehingga kami minta bantuan ke Kapolsek Rapocini dengan kondisi seperti ini," ungkapnya.

Hal ini juga guna memudahkan pihak orang tua siswa, diketahui Legalisir KK diperlukan bagi calon siswa yang ingin mendaftar disekolah yang ditujuannya. 

Diketahui pendaftaran sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) pertanggal 20-25 Juni 2018.

Penulis :

Editor :