Perusda
Bank SUlsel Bar

Mengulik Makna Logo dan Maskot Asian Games 2018

on 22/5/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Mengulik Makna Logo dan Maskot Asian Games 2018
Logo dan maskot Asian Games 2018.(Ist)

KabarMakassar.com -- Logo dari ajang olahraga Asia atau yang kerap dikenal dengan nama Asian Games untuk tahun 2018 telah jauh diumumkan di Kantor Staf Keperesidenan pada 2016. Lantas masih ingatkah anda akan makna logo Asian Games 2018?

Logo berbentuk sketsa tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan matahari di bagian tengahnya ini merupakan Logo yang dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Selain kehadiran SUGBK sebagai tempat pembukaan Asian Games 2018, kehadiran matahari juga melengkapi logo Asian Games dengan makna sebagai lambang sumber energi paling utama yang kemudian menyebar melalui delapan jalur keseluruh Asia sekaligus dunia dengan adanya Asian Games.

Dilansir dari AsianGames2018.id, kehadiran matahari di logo Asian Games 2018 selain menggambarkan pancaran sumber energi yang menyebar ke delapan jalur ke seluruh Asia, terselip juga harapan agar Indonesia dapat menunjukkan kehebatannya dalam Asian Games 2018.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menegaskan harapan Indonesia untuk menunjukkan kehebatannya lewat penyelenggaraan Asian Games 2018. 

"Logo atau identitas Asian Games 2018 itu menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia," tutur Imam saat konferensi Pers di tahun 2016 lalu.

Selain keunikan logo yang dimiliki ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun ini, maskot Asian Games 2018 juga memiliki keunikannya tersendiri. Maskot yang terdiri atas tiga satwa Indonesia yaitu burung Cendrawasih (Bhin Bhin), badak bercula satu (Kaka), dan Rusa Bawean (Atung) bertujuan mewakili keragaman kekayaan hayati Indonesia yang terdiri dari Indonesia bagian timur yang diwakili Bhin Bhin, Indonesia bagian barat diwakili Kaka, dan Indonesia bagian tengah yang diwakili Atung.

Kehadiran logo Asian Games 2018 merupakan buah sayembara yang dimenangkan oleh perusahaan desain grafis Feat Studio. Menurut pihak perusahaan desain grafis Feat Studio, dipakainya sketsa Stadion Utama Gelora Bung Karno bertujuan sebagai relevansi dari cita-cita dan mimpi Bapak Bangsa yakni Ir.Soekarno dengan semangat Indonesia yang masih hingga sekarang.

Sedangkan untuk maskot Asian Games 2018 yang juga didesain oleh Feat Studio. Ketiga maskot ini Asian Games 2018 yakni Bhin Bhin, Atung dan Kaka diibaratkan sebagai Bhineka Tunggal Ika Indonesia yang beragam. Nama ketiganya pun diambil dari kata Bhineka Tunggal Ika Bhin Bhin (dari Bhineka), Atung (dari Tunggal), dan Kaka (dari Ika). Selain itu makna maskot Asian Games 2018 menggambarkan burung cendrawasih dengan kepintarannya mampu menyiasati bagaimana cara menghadapi lawan, rusa dengan kecepatan yang dimilikinya bisa untuk mengelabui mata musuh, dan badak yang menjadi lambang dari sebuah kekuatan.

Perlu diketahui, Asian Games ke-18 ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus-2 September 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang dengan melibatkan 53 pemerintah kabupaten dan kota di 18 provinsi Indonesia untuk terlibat dalam kegiatan pawai obor yang dimulai 15 Juli 2018.