Perusda
Bank SUlsel Bar

Akibat Teror Bom, Pemuda Toraja Suarakan Perlunya Siskamling

on 15/5/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Akibat Teror Bom, Pemuda Toraja Suarakan Perlunya Siskamling
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com -- Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Toraja Utara, Brikken Linde Bonting menyatakan rasa belasungkawanya atas wafatnya beberapa korban teror bom di Surabaya. Ia prihatin dengan kejadian yang menimpa suadara-suadara yang berada di Surabaya.

Brikken mengatakan jika saat ini pemerintah harus bertindak lebih dini terkhusus mengembalikan sistem keamanan gotong royong seperti pos kamling atau siskamling. 

"Saya berharap dikembalikannya sistem pos kamling atau siskamling diseluruh wilayah. Termasuk di Toraja," ungkapnya pada 14 Mei 2018.

Ia meminta kepada pemerintah di Toraja Utara untuk kembali menghidupkan sistem siskamling. Dimana diketahui jika aksi teror bisa terjadi dimana saja. untuk itu ia meminta peran RT/RW Setempat untuk lebih jeli memantau warganya, baik pendatang maupun warga pindahan.

Menurut Brikken, kos-kosan yang beredar juga harus diperhatikan pemerintah, termasuk pemerintah daerah Toraja. Hal ini dikarenakan mengingat Toraja merupakan daerah tujuan wisata sehingga antisipasi teror yang tak dinginkan perlu dilakukan termasuk dengan mengawasi kegiatan masyarakat. 

"Kita contoh Mako Brimob, wilayah yang dikatakan aman masih saja mendapatkan perlawannn teroris. Mapolres Surabaya juga. Untuk itu kita harus waspada sejak dini," tambahnya.

Ketua KNPI ini kemudian menghimbau pemuda Toraja Utara tetap mewaspadai adanya orang yang baru dikenal dilingkungannya. Hal ini juga meminta pemuda agar tidak menerima menerima mentah mentah isu hoaks.

"Kita harap pemuda toraja bersikap objektif melihat kejadian-kejadian yang terjadi. Untuk tiodak terpancing dan terporovokasi. Penyebaran vidoe kesadisan juga tidak disebarluaskan agar tidak terjadi isu-isu yang membuat kembali rasa kebencian. Untuk itu kita harus bersatu memerangi teror tersebut," jelasnya.

Ia meminta pemerintah untuk menghidupkan kembali Siskamling di Toraja di mana Toraja Utara memiliki 115 Lembang dan jika ada lima pos kamling diwilayah tersebut maka, sebanyak 755 pos kamling  yang bakal sibuk mengamankan. Menghidupkan siskamling dapat yang menghidupkan kembali semangat gotong-royong masyarakat untuk menjaga lingkungannya demi keamanan bersama

Perlu diketahui, Surabaya telah diguncang teror bom dalam 2 hari terakhir hingga menewaskan belasan orang dan melukai puluhan lebih masyarakat Surabaya.