BPJS Kesehatan Kenalkan JKN Mobile Permudah Pelayanan

BPJS Kesehatan Kenalkan JKN Mobile Permudah Pelayanan

KabarMakassar.com -- Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mensosialisasikan fitur baru mereka dalam melayani masyarakat mengurus jaminan kesehatan melalui aplikasi yang diluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Makassar di Hotel Myko and Convention Center Makassar Mall Panakkukang, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231, Selasa 22 Mei 2018.

BPJS Kesehatan Kota Makassar memperkenalkan fitur aplikasi berbasis android dan IOS dengan nama JKN Mobile sebagai salah satu inovasi terbaru mereka demi memudahkan proses administrasi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan, Rini Oktaviani Najib menyampaikan lima kemudahan yang diperoleh jika menggunakan Mobile JKN bagi masyarakat yaitu, kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

"Pendaftaran BPJS saat ini menyetor di di BPJS kesehatan. Nanti virtual account di kirim via SMS. Tapi dengan menggunakan aplikasi JKN masyarakat akan lebih dimudahkan karena kita bisa langsung mendaftar BPJS melalui aplikasi ini dengan memasukkan no KK dan NIK serta mengisi data pendukung lainnya, masyarakat tidak usah mi antri panjang-panjang di BPJS kesehatan," jelasnya saat sosialisasi.

Lanjutnya, masyarakat dimudahkan dalam mengganti data personal mereka langsung dengan menggunakan aplikasi JKN dan dapat mengakses digital card mereka di JKN Mobile

"Dapat juga mi dilihat kartu ta di aplikasi jadi dak ribet mi," katanya sambil menunjukan digital card ke audiens

Saat ini jelasnya, empat puskesmas di Kota Makassar telah menerapkan sistem online sehingga masyarakat yang ingin memeriksakan diri dapat memesan nomor antrian melalui JKN Mobile dan memantau antrian mereka tanpa harus berada di lokasi.

Puskesmas dengan tersebut adalah Puskesmas Pampang, Antang Perumnas, Batua, dan Jongaya. Sedangkan untuk uji coba alat baru di Puskesmas  Pampang dan Antang Perumnas. Untuk dua lainnya masih dalam tahap pemasangan alat.

"4 puskesmas dikotak Makassar sudah online dan 42 puskesmas rencanaya akan menyusul," ungkapnya.

Selain itu masyarakat dimudahkan dalam mengakses riwayat iuran BPJS mereka sehingga, dapat memudahkan dalam mengetahui tunggakan dan informasi lainnya.

"Dak pusing miki kalau mau bayar iuran, biasa itu kadang dilupakan sudah Ki bayar belum, kalau di JKN Mobile terlihat semua itu riwayat iuran yang pernah kita bayarkan," jelasnya.

Penulis :

Editor :