Perusda
Bank SUlsel Bar

Bappenda, Pengusaha Sarang Burung Walet Perlu Sosialisasi

on 2/5/18 Oleh Lina Budi Astuti
Bappenda, Pengusaha Sarang Burung Walet Perlu Sosialisasi
Suasana Sosialisasi Sarang Burung Walet yang di lakukan Bapeda

KabarMakassar.com -- Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kota Makassar menggelar Acara Sosialisasi Wajib Pajak Daerah Untuk Pajak Sarang Burung Walet, di hotel Asyra jalan Maipa Makassar, Rabu 2 Mei 2018. 

Dengan digelarnya sosialisasi ini guna memberikan himbauan kepada para pengusaha sarang burung walet terkait pembayaran pajaknya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bapeda Kota Makassar.

"Ini salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kewajiban yang dimiliki. Diharapkan pengusaha burung walet ini bisa meningkat di masa datang," ujar Staf Ahli Kota Makassar Bidang Kemasyarkata dan Pengembangan SDM, Muhammad Takdir Alim Bahrie saat diwawancarai usai sosialisasi

Kasubdit 1 Sarang Burung Walet, Andi Ahkam Syarif berharap semua jenis pajak untuk tahun 2018 mencapai 100 persen. Khususnya wajib pajak sarang burung walet yang dapat meningkat dari tahun sebelumnya. 

"Target pajak 2018 kita masih mengikut pada tahun 2017, kalau saya dak salah di tahun 2017 kita mendapat 50 juta. Ada kenaikan dari 2016 dari 6 juta menjadi 50 juta. Harapan kita jelas berdasarkan target yang ada semua jenis pajak kita harus dapat diatas 100 persen," ungkapnya saat diwawancarai usai sosialisasi. 

Sarang burung walet yang menggunakan bangunan kosong menjadi salah satu kendala bagi Bapeda Kota Makassar dalam mendata kepemilikan sarang burung walet. 

"Kita tidak bisa pantau wajib pajaknya kalau tempatnya kosong. Sehingga susah cari siapa pemiliknya," tutupnya. 

Badan Pendapatan Daerah menargetkan 100 juta untuk pajak burung walet tahun ini. Andi Ahlam Syarif menambahkan produksi sarang burung walet di Makassar kurang produktif dibanding kota lain. Untuk wilayah Makassar sendiri pembayaran pajak biasa dilakukan pada bulan sembilan. 

"Pada tahun ini 100 juta targetnya. Karena sarang burung walet itu sifatnya dia menghasilkan baru dia bayar pajak," katanya.