Saturi, Janda Tulang Punggung Keluarga Miskin Tamanyeleng

Saturi, Janda Tulang Punggung Keluarga Miskin Tamanyeleng

KabarMakassar.com -- Gabungan Jurnalis dari beberapa media yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berhijab Chapter Indonesia Timur di Makassar mengunjungi salah satu keluarga miskin di Dusun Mannyoi, Desa Tamanyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Saturi Deng Rannu, Selasa 15 Mei 2018.

 

Kondisi memprihatinkan menarik perhatian komunitas yang terdiri dari beberapa jurnali berbeda media ini. Perhatian ini tertuju pada janda empat orang anak bernama Saturi.

Saturi menempati sebuah rumah berukuran 3x4 meter dengan dinding rumah hanya dari tripleks dan seng yang sebagian dinding bahkan sudah rusak. Rumah ini hanya berlantaikan tanah dan listrik pun masih menyambung dari tetangga. 

Perempuan bernama lengkap Saturi Daeng Rannu kini bekerja sebagai petugas bersih-bersih di Perumahan Anging Mamiri Jalan Metro Tanjung Bunga, janda berusia 37 tahun ini dikaruniai 4 orang anak. Sehari-harinya Saturi bekerja mulai jam 8 pagi hingga 5 sore demi menghidupi keempat anaknya.

Suami Saturi Deng Rannu, Sangkala Deng Bani, baru saja meninggal akibat terserang stroke. Kini, Saturi harus menanggung beban untuk menghidupi keempat anaknya, terkhusus puteri bungsunya yang mengidap gizi buruk.

"Saya sudah sepuluh tahun tinggal disini. Saya bekerja apa saja asal bisa makan. Kalaupun tidak dibayar pakai uang, asal dikasi makan, untuk masak pun kami masih numpang karna tidak memiliki kompor, " tutur Saturi sambil menitihkan air mata saat diwawancarai pada Rabu, 16 Mei 2018.

Perlu diketahui, keluarga yang cukup memprihatinkan ini viral di media sosial setelah salah satu warga Kota Makassar menceritakan kisah Saturi yang berusaha menghidupi keluarganya seorang diri tanpa bantuan pemerintah.

Semoga dengan viralnya kisah perjuangan Saturi di medsos dapat terketuk mengetuk hati masyarakat dan pemerintah Kota untuk memberi bantuan kepada keluarga Saturi Daeng Rannu agar dapat hidup dengan layak

[Nur Fadhilah Sophyan]
 

Penulis :

Editor :