Soni Sumarsono: Pilkada di Sulsel Aman Terkendali

Soni Sumarsono: Pilkada di Sulsel Aman Terkendali

KabarMakassar.com -- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menyampaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Selatan (Sulsel) aman terkendali. Hal ini disampaikan Soni Sumarsono saat Konferensi Pers di di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Selasa 15 Mei 2018.

"Terkait posisi Pilkada di Sulsel masih dalam posisi aman dan terkendali, dari laporan KPU, Banwaslu dan pengamatan Forkopimda  suasana masih aman dan terkendali. Namun ada beberapa daerah yang kita diwaspadai. Maksud perlu diwaspadai itu itu perlu diawasi pengamanan," ungkapnya saat konferensi pers. 

Soni menjelaskan dirinya, khususnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan pada posisi supporting terhadap penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, Soni menghimbau agar KPU dan Bawaslu tetap independen dalam membuat keputusan. 

"Kita posisinya supporting sejauh yang dibutuhkan. Siapa yang menang dan kalah kita tidak membahas dan konsen mengenai hal itu. Niat kami di forkopimda Siapapun yang menang itulah pilihan rakyat. Yang penting pilkada berjalan aman dan damai," jelasnya.

Lanjutnya, Makassar dan Sidrap menjadi zona merah pelaksanaan Pilkada yang relatif perlu di waspadai sedangkan Pare-Pare, Palopo, Pinrang, Jeneponto dan Sinjai masuk zona kuning yang perlu dicermati.

"Makassar, Sidrap zona merah dua teratas, Pare-Pare, Palopo, Pinrang, Jeneponto dan Sinjai masuk zona kuning. Yang lain warnanya hijau atau adem ayem terkendali," katanya.

Forkopimda akan mensupport setiap permasalahan terkait Pilkada di semua wilayah, forkopimda tidak bisa menentukan situasi di lapangan secara pasti karena selalu berubah berdasarkan dinamika di lapangan. 

"Bisa saja perkembangan dinamika dilapangkan mempengaruhi jalannya pilkada. Bagaimana forkopimda menyikapi itu adalah sesuai dengan dinamika dilapangkan. Jadi tidak ada formula secara khusus, prinsip kita mengamankan jalannya pilkada di Sulawesi Selatan," tutupnya.

Penulis :

Editor :