Festival Publik Makassar, Tutup Pesta Pendidikan 2018

Festival Publik Makassar, Tutup Pesta Pendidikan 2018

KabarMakassar.com -- Pesta Pendidikan 2018 dengan #SemuamuridSemuaguru mencapai puncaknya dengan pangelaran Festival Publik Makassar 2018 di Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Sabtu 12 Mei 2018. 

Festival yang dibuka untuk umum ini menghadirkan banyak hal menarik diantaranya lapak baca, games tradisional, ngobrol publik, penampilan dari berbagai komunitas.

"Kegiatan hari ini adalah puncak dari pesta pendidikan Makassar 2018. Hari ini kegiatannya namanya festival publik," kata Sofyan Panitia Pesta Pendidikan 2018 diwawancarai saat kegiatan.

Kegiatan Festival Publik merupakan rangkaian terakhir dari Pesta Pendidikan 2018 yang digelar di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) Non Formal dan Informal Regional III 21- 27 April 2018 lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bekerja sama dengan semua murid dan guru. Kegiatan Pesta Pendidikan ini diinisiasi oleh  Najwa Shihab.

"Kegiatan sebelumnya Pesta Pendidikan yang dilaksanakan di BP PAUD jalan adyakasa dari tanggal 21 - 27 April 2018. Nah hari ini adalah hari puncaknya," tambahnya.

Selain Kemendikbud, Untuk menyukseskan acara, Pesta Pendidikan 2018 juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar dan Dinas Pendidikan.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei menjadi alasan kuat diadakannya kegiatan ini. Sehingga dengan hadirnya Pesta Pendidikan ini dapat menjaring instansi terkait untuk ikut merayakan hari pendidikan di Indonesia. 

"biasanya perayaan pendidikan nasional hanya dirayakan secara seremonial seperti upacara. Tidak ada kegiatan lanjutan ini dasarnya kenapa diadakannya kegiatan seperti ini dengan menggalang sekolah dan kampus dan komunikasi pendidikan dll," jelasnya.

Lanjutnya, Pesta Pendidikan ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahun Kemendikbud, dan pemerintah daerah khusus nya Makassar sehingga kedepannya banyak sekolah, komunitas dan instansi terkait yang terlibat dalam Pesta Pendidikan selanjutnya.

"Semoga nanti kedepannya sekolah dimakassar bisa terlibat, kampus dan komunitas pendidikan ikut berkontribusi di pesta pendidikan 2019 nanti,
Insya allah kita akan minta pesta pendidikan 2019 diadakan di Makassar lagi," harapnya.

Festival ini yang telah memasuki tahun ke dua dilaksanakan serentak di enam kota di Indonesia, yaitu Ambon, Jogja, Makassar, Surabaya, Jakarta dan Bandung.

Penulis :

Editor :