Mendengarkan Musik Memiliki Banyak Manfaat, Benarkah?

Mendengarkan Musik Memiliki Banyak Manfaat, Benarkah?

KabarMakassar.com-- Musik adalah salah satu dari sedikit kegiatan yang melibatkan menggunakan seluruh otak. Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang di zaman dengan teknologi canggih. Tidak hanya menenangkan pikiran dan jiwa ternyata mendengarkan musik mempunyai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

dr. Uditia Alham Sakti, S.Ked, Dokter Umum Makassar mengatakan, "Musik saat ini sepertinya memainkan peranan yang sangat besar di dalam hidup kita. Musik dapat membantu kita untuk rileks, berkonsentrasi atau menambah semangat ketika sedang berolahraga atau bekerja. Ketika musik membuat kita bahagia , maka saat itu pula musik mempengaruhi otak kita. Penelitian dari Universitas McGill di Montreal menemukan saat kita mendengarkan musik dengan irama yang tenang dan menyenangkan, maka saat itu otak akan melepaskan senyawa dopamin. Ini akan membuat kita merasa nyaman dan menikmati moment saat kita mendengarkan musik, "jelasnya.

"Namun pada dasarnya mendengarkan musik memiliki efek yang positif yang lain, musik dapat berefek pada psikologis dan juga secara fisik. Pikirkan saat orang berada didalam Gym dan ingin berolahraga, mereka kadang membutuhkan musik untuk menaikkan semangat mereka dalam berolahraga. Dan ternyata mendengarkan musik dapat membuat kita menjadi semakin cerdas, percaya atau tidak anak-anak yang dipaparkan dengan latihan sebuah instrument musik selama 3 tahun memperlihatkan kemampuan motorik yang lebih baik, kemampuan berpikir cepat, mengingat dan bahkan berbicara.  Banyak dari kita tidak menyadari bahwa musik berefek positif terhadap otak dan tubuh kita. Bagaimanapun musik punya peranan yang sangat berpengaruh pada kehidupan kita.  Mempengaruhi cara kita berdansa, berolahraga bahkan untuk cara berpikir, "tambahnya.

Mendengarkan musik tidak hanya menenangkan pikiran saja tetapi dapat meningkat sistem imun atau daya tahan tubuh kita juga dan baik bagi kesehatan .

Dilansir KOMPAS.com, sulit dipungkiri, musik membawa kita ke jaman lampau, membuat kita menari atau masuk ke suasana rilek di malam hari. Musik secara positif mempengaruhi hidup kita.

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat mendengarkan musik mempengaruhi kesehatan diantaranya adalah:

1. Meredakan kecemasan
Penelitian sudah membuktikan mendengarkan musik secara psikologis dapat meredakan stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Peneliti dari Inggris bahkan mengklaim lagu-lagu tertentu dapat mengurangi kecemasan hingga 65 persen. Mendengarkan musik saja sudah menjadi obat bagi diri kita.

2. Memberikan suasana hati baik
Musik gembira membuat kita merasa seolah berjalan di hari yang cerah. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak suasana hati dan membuat kita jadi lebih bahagia.

3. Membantu penyembuhan
Tak perlu malu, mungkin kita termasuk yang berulang kali mendengarkan lagu-lagu Adele saat putus dengan pasangan. Ilmu pengetahuan mengatakan mendengarkan musik membantu menyembuhkan diri. Riset mengatakan musik sedih sebenarnya dapat menimbulkan emosi positif.

Sebuah studi dari 2014 menemukan, ketika seseorang mendengarkan lagu melankolis mereka mengalami lebih banyak empati karena mereka terhubung dengan kesedihan dalam musik itu tetapi tak mengalami "implikasi di dunia nyata" dari kejadian sedih. Hal ini menjadikan katarsis bagi pendengarnya.

4. Motivator selama olahraga
Musik bersemangat merupakan kunci saat angkat beban. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak semangat saat olahraga. Musik juga membuat kita lari lebih kencang dan lebih kuat.

5. Tidur lebih nyenyak
Studi dari 2008 menemukan mendengarkan musik klasik membantu meringankan gejala insomnia pada mahasiswa. Riset lain juga menemukan musik dapat membuat kita berada dalam keadaan meditatif.

6. Meningkatkan performa
Mendapatkan proyek besar? Dengarkan musik saat bekerja. Riset membuktikan musik latar dapat meningkatkan performa kognitif pada tugas seperti ujian akademis. Riset juga menemukan musik bersemangat dapat membantu kita bekerja dengan baik meskipun di bawah tekanan.

7. Setia dengan Anda
Ada alasan mengapa lagu-lagu dari boy band lama tak pernah pudar dari hati kita. Musik adalah cara untuk nostalgia yang cepat. Para ahli percaya otak kita tetap dekat dengan musik dari masa muda karena kita mendengarkannya ketika masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan dunia di sekitar. Dengan cara sendiri, musik memberi informasi identitas diri Anda.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan, jangan remehkan kekuatan musik. Mendengarkan musik tak hanya sekedar hobi atau karier, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan fisik. Sudah mendengarkan musik apa Anda hari ini? 
[Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :