Perusda
Bank SUlsel Bar

2 Pekan Menjelang Ramadhan, Lakukan Persiapan Ini

on 27/4/18 Oleh Redaksi
2 Pekan Menjelang Ramadhan, Lakukan Persiapan Ini
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com--Bulan Ramadan akan tiba pada pertengahan Mei. Artinya, tinggal 2 pekan lagi melakukan persiapan menuju bulan Ramadan. Puasa yang menjadi kewajiban di bulan Ramadan membutuhkan persiapan mental dan fisik yang prima.

Selain fikriyah, persiapan berikutnya adalah ruhiyah. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada umat Islam untuk senantiasa mempersiapkan diri menyambut puasa.

Ibadah lain yang juga harus dipersiapkan, seperti perbanyak tilawah, qiyamulail, salat fardhu berjamaah di masjid, al-matsurat kubra pagi dan petang, menganjurkan umat Islam untuk menyiapkan fisik sedari Sya'ban ini, termasuk olahraga teratur, membersihkan rumah, makan makanan yang sehat dan bergizi.

Aisyah RA pernah berkata, "Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sunah di satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya'ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya'ban."

Supaya tidak terkejut dengan puasa sehari penuh di bulan Ramadan, ada baiknya kita melakukan persiapan jauh hari sebelumnya. Dilansir dari MyDeen, ada tiga persiapan menyambut Ramadan yang ditujukan bagi para ibu. Tiga hal tersebut adalah kesehatan fisik, kekuatan mental, dan mempersiapkan rumah.

- Kesehatan fisik
Sebelum memasuki bulan puasa, sebaiknya menjaga kesehatan fisik agar tidak sakit saat puasa. Beberapa hal yang sudah dapat dilakukan dari sekarang adalah melakukan olahraga ringan, minimal berolahraga selama 5 sampai 10 menit setiap hari. Mulailah memilih menu makan sehat yang akan disantap selama Ramadan.

Sebaiknya sesuaikan makanan yang dihidangkan saat ini supaya tubuh mudah beradaptasi saat mulai berpuasa. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula. Tambahkan lebih banyak buah, sayuran, nasi, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk banyak minum setiap hari.

-Kekuatan mental
Bagi yang salat dan baca Al-Quran masih bolong-bolong, mulailah lebih rajin serta rutin melakukannya. Selain berpahala, salat dan membaca Al-Quran akan meningkatkan kekuatan mental pada bulan puasa.

Ajak juga suami dan anak-anak untuk berdoa bersama. Hal ini dapat membantu memperkuat mental dan membangun kebersamaan keluarga menjelang bulan Ramadan.

-Mempersiapkan rumah
Untuk para ibu, sebaiknya mempersiapkan rumah sebelum bulan Ramadan mulai. Membersihkan rumah untuk mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan dan buat daftar belajaan sebelum bulan Ramadan tiba.
Untuk bahan-bahan yang relatif tahan lama, ada baiknya ibu berbelanja mulai dari sekarang supaya tidak terlupa atau berebut dengan orang lain.

-Konsumsi Banyak Cairan
Sebelum berpuasa, mengkonsumsi banyak cairan akan membantu sistem pencernaan tubuh menjadi lebih baik. Seperti minum air putih. Selain sebagai pembersih tubuh, air putih juga terkenal khasiatnya dalam menjaga kebugaran dan kesehatan.  Agar kamu tidak lupa minum air putih ada baiknya telah menyediakan tempat minum gelasan di beberapa tempat ruang tamu, ataupun di ruang santai rumah kamu, ketika memasuki bulan Ramadhan, cobalah untuk menerapkan asupan air putih dengan pola 242, yaitu menkonsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

-Perbaiki Pola Tidur
Saat menjelang ramadhan jangan biasakan tidur larut malam, karena ini akan membiasakan kamu bangun siang hari, lebih baik tidurlah lebih awal ya  agar kamu terus mengingat waktu, segera lengkapi kamar kamu dengan jam alarm.

-Hindari Konsumsi yang Dapat menimbulkan Ketergantungan.
 Hindari mengkonsumsi kopi, rokok, dan minuman soda menjelang puasa. Dan dianjurkan juga untuk meninggalkan kafein. Karena, kebiasaan ini dapat menimbulkan ketergantungan yang membuat ibadah puasa  akan terganggu saat ramadhan nanti.

-Kurangi Konsumsi Makanan Manis
Sebelum puasa dimulai, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang manis. Karena makanan manis mengandung kadar gula yang tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis juga akan cepat merangsang rasa lapar. Jadi, yang hobby banget makan makanan yang manis dengan kadar gula tinggi sebaiknya mulai di kontrol ya dari sekarang!

Hal ini dimaksudkan agar sejak bulan Sya'ban kadar keimanan kita sudah meningkat, Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah menjelaskan, orang-orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya, serta apa-apa yang menguranginya.

Dan bulan Rajab dan Sya'ban dikiaskan sebagai masa warming up atau pemanasan. Tujuannya, agar ketika memasuki Ramadhan, kita sudah bisa menjalani ibadah shaum dan sebagainya itu menjadi hal biasa. jasadiyah juga menjadi aspek yang harus dipersiapkan. Kita membutuhkan fisik lebih prima dibandingkan biasanya.
[Nur Fadhilah Sophyan]