Perusda
Bank SUlsel Bar

Empat Kandidat Cagub Sulsel Sudah Kuasai Materi

on 21/4/18 Oleh Fritz Wongkar
Empat Kandidat Cagub Sulsel Sudah Kuasai Materi
Pengamat politik Universitas Bosowa Arief Wicaksono

KabarMakassar.com -- Debat kandidat yang kedua yang digelar beberapa waktu lalu membuat keempat pasangan calon Gubernur Sulsel membuat reaksi masyarakat semakin yakin jika empat pasangan calon tersebut mampu memimpin provinsi Sulsel. 

Pengamat politik Universitas Bosowa Arief Wicaksono mengatakan jika keempat Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tersebut mampu menguasai materi dalam tema yang diangkat KPU Sulsel dalam debat kedua di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Masing-masing kandidat saya lihat cukup menguasai materi tentang pelayanan publik dan cenderung mengkaitkan topik dengan pengalamannya tadi malam. Misalnya, NH mengkaitkan pelayanan publik dengan koperasi, Bagus mengidentikkan pendidikan gratis dengan komitmen sharing dengan kabupaten dan kota, NA juga selalu berangkat dari Bantaeng, begitu pula dengan IYL yang mencerminkan keberhasilan pembangunan di Gowa”kata Arief Wicaksono.

Lanjut Dosen Fisip Unibos tersebut mengatakan jika seperti halnya dengan debat yang lainnya, mempunyai batas waktu yang sangat dibatasi, jadi argumen yang disampaikan pun sangatlah terbatas.

"Keterbatasan durasi acara televisi yang menyiarkan debat saat itu. Seandainya diberikan waktu lebih, saya yakin masing-masing kandidat akan all out dengan program dan materi" ujarnya Arief Wicaksono.

Untuk diketahui empat Paslon yang bertarung dalam Pilgub Sulsel yang mengikuti debat kandidat kedua di Jakarta yang digelar KPUD Sulsel yakni Nurdin Halid-Azis Kahhar Mudzakkar, Agus Arifin Nu Mang-Tanribali Lamo, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.