Perusda
Bank SUlsel Bar

Kewajiban Pemerintah Mendukung Pengelolaan Bank Sampah

on 17/4/18 Oleh Lina Budi Astuti
Kewajiban Pemerintah Mendukung Pengelolaan Bank Sampah
Dialog Manajemen Persampahan Di Kota Makassar

KabarMakasaar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hari ini menggelar dialog rutin dengan mengangkat tema manajemen persampahan kota Makassar di KopiAlps Jalan Ratulangi No 87 Makassar, Selasa 17 April 2018.

Kegiatan bulanan yang diadakan oleh Hubungan Masyarakat (Humas) pemkot Makassar mengundang Kepala Bidang Persampahan DLHD Makassar Ayyub Salahuddin dan Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia Saharuddin Ridwan sebagai narasumber dalam dialog yang dihadiri lebih dari 30 peserta.Perlu diketahui, Indonesia sendiri memiliki 5247 bank sampah yang  tersebar dari Aceh hingga Papua. Sedangkan untuk Kota Makassar, dari 1000 bank sampah yang ada hanya 500-600 bank sampah yang dapat dikategorikan efektif. 

Kepala Persampahan DLHD Makassar Ayyub Salahuddin menjelaskan pemerintah pusat telah mengatur masalah persampahan ini. Peraturan itu tercantum dalam Undang-Undang (UU) No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2011.
 
"Dalam menangani persoalan sampah di Makassar perlu adanya sosialisasi dan aksi. Pemerintah kota mengatur persoalan ini dalam UU No 18 Tahun 2008 dan Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2011," ujarnya saat diwawancarai oleh reporter KabarMakassar.com.

Program terkait bank sampah sendiri telah ada, masalah lain siapa yang membeli dan menjemput sampah tersebut. Menanggapi masalah ini pemerintah kota Makassar telah membentuk UPTD bank sampah yang dibawahi langsung Dinas Lingkungan Hidup. 

"Merujuk ke UU 18 Tahun 2018 itu. Memfasilitasi tidak hanya berkewajiban mengangkut, sehingga dibentuk UPTD bank sampah," tambahnya.

Perlu diketahui, salah satu penilaian untuk memperoleh penghargaan Adipura adalah pembuktian sejauh mana sebuah kota bisa mengurangi penanggulangan sampah dan pengelolaan sampah. Salah satu pencapaian yang pernah diberikan kepada Kota Makassar setelah Kota Makassar diakui telah berhasil mengurangi sampah pada tahun 2017.