Perusda
Bank SUlsel Bar

Miris, Taman Kini Jadi Pembuangan Sampah

on 13/4/18 Oleh Lina Budi Astuti
Miris, Taman Kini Jadi Pembuangan Sampah
Taman P2KH yang digunakan sebagai pembuangan sampah

KabarMakassar.com -- Taman terminal Toddopuli yang dikelolah oleh Kementrian PU Ditjen Penataan Ruang kini tampak kumuh dengan kontainer dan tumpukan sampah yang berserakan. Taman ini terletak di jalan Toddopuli Raya, Makassar.

Taman harusnya tampak asri dan dipenuhi oleh pepohonan, bersih dan sedap di pandang mata. Akan tetapi pemandangan seperti itu tidak didapatkan di Taman Toddopuli. Taman yg harusnya di hiasan tanaman kini dihiasi oleh sampah-sampah yang berserakan. Tidak hanya itu tumpukan sampah menimbulkan bau busuk yang mengganggu warga sekitar yang melintas. Kini areal taman digunakan sebagai shelter pembuangan sampah dengan hadirnya kontainer. 

"Hal itu sudah menyimpang dari kaidah estetika fasilitas umum. Pemkot Makassar melalui dinas terkait, baik itu pihak kelurahan & kecamatan hukumnya wajib menata dan menertibkan aktivitas yang bukan pada peruntukannya," terang Yusran, Pemerhati lingkungan.

Menindaklanjuti masalah ini dari pihak pemerhati lingkungan telah mengirimkan keluhannya kepada Pemerintah Makassar terkait masalah penggunaan taman sebagai pembuangan sampah.

"Sebab dari fakta realitas taman P2KH Toddopuli itu juga laporannya sudah kita kirim ke Kementerian PU Ditjen Penataan Ruang," tambahnya.

Idealnya taman harus ditata kembali sehingga tidak nampak kumuh, tujuannya agar dapat difungsikan sebagai mana mestinya  fungsi taman kota. Taman harusnya untuk bermain, olahraga, dan tempat warga bercakap riang. Bukannya sebagai tempat tumpukan sampah. Hal ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah.

"Karena alokasi anggaran taman P2KH itu datangnya dari pemerintah pusat untuk pengembangan kota hijau kota/kab di Indonesia" tutupnya

Hingga saat ini laporan yang dikirim oleh Para pengamat lingkungan belum mendapatkan respon dari pihak Pemerintah Kota Makassar.