Ritual Adat Warnai Pelantikan Pj Bupati Bone

 Ritual Adat Warnai Pelantikan Pj Bupati Bone

KabarMakassar.com -- Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, melantik Andi Bakti Haruni sebagai Penjabat Bupati Bone, di Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, hari ini Kamis 19 April 2018.

Dalam pelantikan Pj Bupati Bone ini sakral dengan ritual adat, bagaimana tidak sejak tiba di Rumah Jabatan Kantor Bupati, Soni Sumarsono disambut dengan penerimaan adat. Pj Gubernur Sulsel tersebut disuguhkan dengan tarian Alusu serta simbol pasukan Kerajaan Bone, dan sepatah kata penjemputan adat (silappa ada padduppa) oleh tokoh adat Bone Andi Muhammad Yushand.

Tidak hanya itu Soni Sumarsono pun terkejut dengan pemasangan Songkok To Bone Pabiring. Merupakan songkok dengan bagian pinggir bersulam emas, dan juga disematkan pin Kerajaan Samparajae oleh Bupati Bone non aktif Andi Fashar Padjalangi kepada Pj Gubernur Sulsel tersebut.

Berlanjut saat itu, Soni kemudian menuju ke Mappaota atau tempat benda pusaka Kerajaan Bone. bahkan ia pun menyaksikan langsung para Bissu atau orang suci kerajaan memohon selamatan untuk membuka tempat benda pusaka tersebut. 

Soni diperlihatkan beberapa benda pusaka Kerajaan Bone. Juga dilakukan penyerahan cinderamata badik (kawali) pusaka Bone. 

Untuk diketahui jika Soni Sumarsono statusnya naik dari penjabat sementara (Pjs) menjadi penjabat Bupati Bone. 

Penulis :

Editor :