TPA Bintang 5 Belum Terealisasikan

TPA Bintang 5 Belum Terealisasikan

KabarMakassar.com -- Program Pemerintah Kota Makassar dalam pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bintang lima hingga kini belum terealisasikan. Program yang rencananya dumulai dengan melakukan perbaikan dan penataan TPA Tamangapa, yang terletak di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar juga belum selesai. 

Program ini juga dimulai dengan penamaan kurang lebih 3000 pohon secara bersamaan disekitar TPA Tamangapa. Tujuan lain pemerintah menjadikan TPA sebagai TPA Bintang Lima  yaitu untuk destinasi pariwisata baru di Kota Makassar. TPA tidak hanya menjadi kunjungan para petugas kebersihan namun juga bisa mendatangkan wisatawan

Namun program yang diusung sejak akhir 2016 lalu ini hingga kini belum terealisasi dengan baik.  Menurut Kepala Bidang Persampahan DLHD Makassar, Ayyub Salahuddin ditemui saat Coffe Morning Humas Pemkot di KopiAlps, Selasa 17 April 2018. Banyaknya indikator menjadi penghambat dalam. Realisasi pembangunan TPA bintang lima.

"Ada yang harus terpenuhi indikatornya sehingga bisa terwujud TPA bintang lima, regulasi yang paling utama, harus disesuaikan dengan peraturan ketentuan walikota," ujarnya.

Ayyub Salahuddin menambahkan anggaran menjadi kendala lain dalam merealisasikan TPA bintang lima. Tidak tersedianya lahan dan kurangnya dukungan dari pemerintah kota juga menjadi kendala dalam realisasi program ini.

"Harus itu yang disesuaikan. Baru masuk ke persoalan anggaran, infestor dan dukungan-dukungan dari pada Pemerintah sendiri dari segi kesiapan saranan, lahan dan SDM yang akan mengelola. Kita masih dalam tahapan-tahapan itu," tambahnya.

Program pembuatan TPA bintang lima ini juga membutuhkan teknologi yang canggih yang hingga kini tidak di sediakan oleh pemerintah Kota Makassar.

"Kalau soal kendala, ini kan proyek besar yang membutuhkan biaya yang besar. Ada teknologi. Seperti incubator untuk membakar," tutupnya.

Penulis :

Editor :