Pilkada Serentak, KPUD Sulsel Lantik Relawan Demokrasi

Pilkada Serentak, KPUD Sulsel Lantik Relawan Demokrasi

KabarMakassar.com -- Sebanyak 25 Relawan Demokrasi yang mewakili setiap Kecamatan, Lembaga dan penyandang Disabilitas dikukuhkan oleh Komisioner KPUD Kota Makassar A.Saifuddin di Grand Hotel Clarion pagi ini, Selasa 17 April 2018. 

Tujuan utama dibentuknya Relawan Demokrasi adalah membantu penyelenggara Pilkada (KPUD,PPK dan PPS)  dalam melakukan sosialisasi dan mensukseskan Pilkada Calon Gubernur/wakil Gubernur dan Calon Walikota/Wakil Walikota,

"Relawan Demokrasi bertujuan membantu penyelenggara Pilkada (KPUD,PPK dan PPS)  dalam melakukan sosialisasi dan mensukseskan Pilkada Calon Gubernur/wakil Gubernur dan Calon Walikota/Wakil Walikota," ujar Komisioner KPUD Kota Makassar kepada KabarMakassar.com. 

Setelah pengukuhan Relawan Demokrasi, KPUD Kota Makassar kemudian melanjutkan kegiatan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi Dalam Pemilihan Calon Gubernur/Wakil Gubenur dan Calon Walikota/Wakil Walikota 2018. 

Pemateri dalam Bimtek ini adalah bapak M.Iqbal Sultan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Unhas, dengan  materi Pentingnya Sosial Media dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih. 

Melalui Bimtek ini relawan demokrasi diharapkan dapat lebih memahami pentingnya sosial media dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

"Relawan Demokrasi jangan pesimis tapi harus lebih aware atau “membangunkan” kesadaran masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya. Satu suara sangat berarti untuk sebuah perubahan, jadi tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak memilih," katanya

Pentingnya kesadaran akan kekuatan sosial media sebagai media alternatif dalam melakukan sosialisasi terhadap pemilih juga diajarkan kepada Relawan Demokrasi agar mengetahui besarnya pengaruh sosial media dalam mempengaruhi pemilih dalam memberikan dukungannya.

"Relawan Demokrasi harus mampu dan bijak menggunakan sosial media dalam melaksanakan sosialisasi sehingga dapat mempengaruhi warga masyarakat untuk datang memilih," tambahnya.

Perlu diketahui, salah satu pesta demokrasi yaitu pemilihan Calon Gubernur/wakil Gubernur dan Calon Walikota / Wakil Walikota sendiri rencananya akan digelar serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Penulis :

Editor :