Soni: Sulsel Pelaksana UNBK Pertama Secara Menyeluruh

Soni: Sulsel Pelaksana UNBK Pertama Secara Menyeluruh

KabarMakassar.com -- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Soni Sumarsono menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan UNBK di Sulsel. Hal ini dismpaika saat kunjungannya ke Kantor Dinas Pendidikan Sulsel, Rabu, 11 April 2018.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melakukan pemantauan pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di setiap daerah di Sulsel melalui aplikasi e-Panrita milik Dinas Pendidikan Sulsel. Pendidikan Sulsel dinilai mengalami kemajuan yang sangat baik.

Soni mengapresiasi pelaksanaan UNBK di Sulsel. Pasalnya, Sulsel merupakan provinsi pertama di Indonesia yang melaksanakan UNBK secara menyeluruh sementara provinsi lainnya masih ada sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK.

“Hari ini UNBK dimulai di beberapa provinsi untuk beberapa sekolah saja. Tapi Sulsel, seluruh SMA dengan jumlah 1.160 sekolah sudah mekaksanakan UNBK. Sulsel adalah provinsi pertama di Indonesia yang melaksanakan UNBK 100 persen. Saya ikut berbahagia bukankah ini awal yang baik untuk saya,” tuturnya.

Berdasarkan laporan yang ia terima saat melakukan video conference dengan Bupati Luwu Timur, dan 3 orang kepala sekolah, Soni mengatakan, pelaksanaan UNBK hari ketiga berjalan lancar

Dari semua laporan, pelaksanaan ujian semua berjalan lancar, hampir tidak ada masalah.

“Kalaupun ada masalah, sifatnya tidak terkait ujian hari ini tapi kebutuhan komputer untuk tahun depan,” ujar Soni di hadapan semua orang yang melakukan video conference.

Ia juga menyebut pendidikan sangat penting dan merupakan komponen untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Karenanya, ia mengapresiasi kinerja guru yang selama ini dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

“Saudara-saudaraku sekalian, terutama yang bekerja di jajaran pendidikan khususnya guru, tetaplah sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Seluruh bangsa ini menghargai guru. Anda semua telah tercatat sebagai amal ilmu. Selamat mengabdi sebagai guru,” kata Soni.

Penulis :

Editor :