Perusda
Bank SUlsel Bar

Pada Hari Jadi Bone, Dilakukan Ritual "Mattompang Arajang"

on 3/4/18 Oleh Nur Marwah
Pada Hari Jadi Bone, Dilakukan Ritual "Mattompang Arajang"

KabarMakassar.com -- Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan  (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) ikut dalam ritual pencucian benda pusaka "Mattompang Arajang" di Hari Jadi Kabupaten Bone ke- 688 yang berlangsung di halaman Rumah Jabatan Bupati Bone. Selasa, 3 April 2018.

Ritual Mattompang Arajang dimulai dengan meminta izin kepada pemimpin Raja, dalam hal ini Bupati Bone. Lalu menuju ke lokasi pengumpulan air yang di istilahkan dengan istilah Malekke Toja dari beberapa yang telah dipilih oleh para pemuka kerajaan yang disebut Bissu.

Selanjutnya, diiringi oleh para Bissu ke tempat Arajang, 
Pencucian alat pusaka ini, menggunakan air dari empat mata air, yakni Bubung Bissu, Bubung Parani, Bubung Tello, dan Bubung Laccokkong. 

Secara religius para bissulah yang menggerakkan dan memindahkan Arajang atas persetujuan para Raja, karena mereka dianggap bisa berhubungan dengan gaib yang menyertai Arajang tersebut.

Pencucian benda pusaka ini dilakukan setiap tahun, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bone.

Hari Jadi Kabupaten Bone  mengusung tema "Dengan Semangat Hari Jadi Bone Kita Perteguh Kebersamaan " Siatting Lima, Sitonra Ola', Tessibelleang Dalam Bingkai Spirit Sumange Tea Lara'.