Marquez Akui Tak Bersalah, Ada Apa?

Marquez Akui Tak Bersalah, Ada Apa?

KabarMakassar.com-- Balapan MotoGP seri kedua musim 2018 telah usai digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin (9/4/2018) dini hari WIB. Banyak hal yang terjadi pada balapan tersebut. Dan semua itu bersumber dari satu pembalap, yakni Marc Marquez. Pembalap Tim Repsol Honda, memang mendapatkan sorotan lebih dari khalayak ramai atas penampilannya di seri kedua MotoGP 2018, mengalami beberapa insiden pada balapan tersebut.

Pembalap Tim Repsol Honda itu terlibat dalam tiap insiden yang menjadi pembicaraan dari balapan dini hari tadi. Di antara insiden-insiden tersebut, terjatuhnya pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, akibat bersenggolan dengan Marquez mendapatkan sorotan lebih dari publik.

Menurut Marquez, dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari sentuhan dengan motor Espargaro. Akan tetapi, sentuhan tersebut akhirnya tetap terjadi. Beruntung bagi kedua pembalap tidak ada yang terjatuh, karena insiden tersebut. Akhirnya, atas tindakan Marquez tersebut pembalap Spanyol itu harus menerima hukuman dari Race Direction, untuk turun satu posisi pada lap berikutnya.

Menyikapi insiden antara Rossi dan Marquez, pembalap Tim Ducati, Andrea Doviziso, turut mengungkapkan pendapatnya. The Little Dragon –julukan Dovozioso– berpendapat Marquez telah melakukan hal yang berlebihan. Dirinya menganggap Marquez harusnya tahu apa yang harus dan tidak untuk dilakukan sebagai seorang pembalap profesional. Apabila hal yang dilakukan itu berbahaya maka seharusnya itu dapat dihindari, dikutip dari Tuttomotriweb, Senin (9/4/2018).

Insiden antara Marquez dan Rossi terjadi empat lap sebelum balapan berakhir, tepatnya pada lap ke-20, tikungan ke-13. Kejadian bermula ketika Rossi yang sedang berbelok di tikungan tersebut, membuka sedikit celah. Marquez yang memang sedang menunggu kesempatan untuk menyalip Rossi pun tak menyianyiakan kesempatan itu.

Pembalap Spanyol itu pun bermanuver dari dalam tikungan untuk menyalip The Doctor –julukan Rossi. Sementara itu, Rossi pun berusaha untuk mempertahankan posisinya agar tak disalip oleh Marquez. Akibat dari usaha Marquez, Rossi pun harus terjatuh.

Di akhir balapan Marquez sesungguhnya mampu menyelesaikan balapan di posisi kelima. Akan tetapi, akibat insiden terjatuhnya Rossi, The Baby Alien harus menerima hukuman penalti 30 detik dan harus puas finis di posisi 18. [Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :