Perusda
Bank SUlsel Bar

Hari Jadi Wajo, Bupati Ungkap Program Unggulannya

on 29/3/18 Oleh Nur Marwah
Hari Jadi Wajo, Bupati Ungkap Program Unggulannya

KabarMakassar.com -- Hari Jadi Kabupaten Wajo ke-169 berlangsung di Lapangan Merdeka jalan Masjid Raya Kota Sengkang, Kabupaten Wajo. Kamis, 29 Maret 2018. 

Bupati Kabupaten Wajo, Andi Burhanuddin Unru dihari jadi kabupaten Wajo menjelaskan tentang alokasi anggaran untuk Kabupaten Wajo. Ia menjelaskan bahwa hingga penghujung 2017 pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.616.019.381.250 (Enam ratus enam belas milyar sembilan belas juta tiga ratus delapan puluh satu ribu dua ratus limah puluh rupiah). 
"Pemerintah telah mengalokasikan anggaran, meliputi untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, sarana air bersih sarana MCK dan pembangunan gedung kantor," ungkap Andi Burhanuddin Unru.

Untuk pengembangan sektor perdesaan, 2017 pemerintah pusat tahun mengalokasikan Dana Desa senilai 111 Milyar dan ADD senilai 37 Milyar yang diharapkan ikut mendorong percepatan pembangunan di perdesaan. 
"Untuk mendorong percepatan pembangunan khususnya di desa, pemerintah daerah menetapkan kebijakan tambahan alokasi ADD menjadi 119 M lebih pada tahun 2018 ini," lanjutnya

Hal tersebut secara signifikan telah memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Wajo yang bertujuan antara lain untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa dalam melaksanakan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan sesuai kewenangannya, meningkatkan pemerataan pendapatan, kesempatan bekerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat desa serta membantu meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat yang berekonomi lemah atau miskin.

Bupati dua periode ini sekaligus menjelaskan beberapa program unggulan yang telah direalisasikan pada tahun 2017.
"Program unggulan pemerintah diantaranya, Pembangunan sejuta embung dan jaringan irigasi desa, terhitung sebanyak 227 paket embung desa telah direalisasikan melalui Dana desa, dan 267 paket pada tahun 2018," jelasnya.

Selain itu, program penataan lingkungan pemukiman melalui pembangunan rumah layak huni sebanyak 100 rumah pertahunnya, dan sudah terealisasi sebanyak 268 rumah tangga serta program penataan pemukiman kumuh seluas 3.309 hektar yang tersebar dibeberapa kecamatan.

Hari Jadi Kabupaten Wajo mengusung tema "Melalui Momentum Hari Jadi Mari Kita Jaga Semangat Kebersamaan".