BKPSDMD Gelar Sosialisasi Zakat Bagi ASN

BKPSDMD Gelar Sosialisasi Zakat Bagi ASN

KabarMakassar.com -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar menggelar Sosialisasi bekerja sama dengan Badan Amil Zakat (BAZ) bagi Anggota ASN di lingkup pemerintah Kota Makassar, yang diadakan di Traveller Hotel Phinisi, Jalan Lamadukelleng Buntu No. 59 Makassar, Rabu 4 April 2018.

BKPSDMD Pemkot Makassar menghadirkan KH Jalaluddin Sanusi selaku Komisioner Baznas  Wakil Ketua ll dan Azis  selaku Kepala Bidang Pendistribusian Pendayagunaan Badan Amil Zakat sebagai pembawa Materi. Sosialisasi diikuti Seratus peserta  ASN yang hadir datang dari seluruh SKPD, Kecamatan, Kelurahan, dan Perusda  Pemerintah Kota Makassar

Kepala BKPSDMD Kota Makassar Baso Amiruddin menjelaskan besarnya manfaat sosialisasi   Zakat, Infaq dan Sedekah khususnya bagi umat islam.

“Sebagai salah satu ajaran dalam rukun islam, Zakat Infaq dan sedekah bagi umat islam adalah wajib  hukumnya untuk  dilakukan, sehingga dengan adanya  sosialisasi ini kita lebih jelas memahami maknanya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Kota Makassar, Anis Zakaria Kama mengungkapkan bahwa dalam sosialisasi ini pihak BAZ  akan memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi, bagaimana tata cara mengeluarkan zakat sesuai undang undang yang berlaku berdasarkan syariat Islam.  Dari seribuan mesjid yang ada, hanya ada  sekitar tiga ratusan Mesjid yang potensial dan telah terdaftar badan amil zakatnya.

“Dari tiga ratusan mesjid tersebut  jumlah zakat yang dihimpun dari masyarakat hanya sekitar dua milyar. Padahal dari seribuan jumlah Mesjid sangatlah potensial bisa menghimpun zakat melebihi dari jumlah tersebut,” terangnya.

Kepala Pengadan Informasi Kepegawaian  BKPSDMD Makassar, Abd Kadir Masri  berharap agar ASN  yang mengikuti sosialisasi ini mampu memahami apa yang telah diberikan oleh pemateri, sehingga peserta  bisa menginformasikan kembali kemasyarakat luas.

“Dengan adanya bantuan dari Baznas kami harapkan peserta bisa memahami lebih jauh, bagaimana tata cara mengeluarkan zakat infaq dan sedekah, sehingga 
apa yang kita harapkan dalam kegiatan ini bisa terwujud sebagaimana mestinya,” katanya.

Penulis :

Editor :