Perusda
Bank SUlsel Bar

Berkunjung ke Bulukumba Jangan Lupa Cicipi "Uhu-uhu"

on 28/3/18 Oleh Redaksi
Berkunjung ke Bulukumba Jangan Lupa Cicipi "Uhu-uhu"
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com--Terletak sekitar satu jam perjalanan dari kota Bulukumba, kecamatan Bontobahari yang dikenal sebagai pembuat perahu phinisi dan tanjung bira ternyata punya makanan tradisional juga. Orang disana menyebutnya "uhu-uhu" atau bannang-bannang karena bentuknya menyerupai benang, penamaannya diambil dari kata uhu yang berarti rambut, kue ini memang mirip seperti rambut yang digulung. Pembuatan kue ini sangatlah tradisional, alat dan bahannya tidaklah sulit. Kue ini menggunakan bahan gula merah sebagai pemanisnya. Biasanya orang ara untuk membuat uhu-uhu dia mengambil tempurung kelapa dan dilubang kecil-kecil tempurung itu agar supaya bahan yang akan dicetat nantinya berbentuk rambut yg kecil saat digoreng diatas minyak panas.

Cukup simpel cara membuat kue ini  diantaranya:

-Hanya dengan adonan yang terbuat dari tepung beras

-Kemudian dimasukkan ke dalam batok kelapa yang dibentuk menyerupai timba, bagian bawahnya dilubangi untuk keluarnya adonan yang berbentuk cair

-Setelah minyak bebentuk segi empat diangkat saat kue sudah berwarna coklat, didinginkan lalu disiram gula merah yang telah dilelehkan.

Cukup mudah bukan membuat kue ini, teman-teman harus mencoba membuat kue ini di rumah dan melestarikan kembali kue uhu-uhu ini.

[Nur Fadhilah Sophyan/BerbagaiSumber]