Kemkominfo: Jangan Telpon Kembali Missed Call Nomor Asing

Kolaborasi Liputan6.com

Kemkominfo: Jangan Telpon Kembali Missed Call Nomor Asing

KabarMakassar.com --- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memberikan saran bagi masyarakat Indonesia terkait banyaknya peningkatan penipuan melalui missed call dari nomor-nomor luar negeri.

Sebelumnya, beberapa hari lalu sejumlah warganet di Tanah Air dibingungkan oleh banyaknya panggilan tak terjawab atau missed call dari nomor luar negeri yang tak dikenal.

Tak tanggung-tanggung, nomor misterius tersebut melakukan lebih dari satu kali missed call dan dari negara yang berbeda-beda.

Dilansir dari Liputan6.com, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza mengimbau masyarakat yang mendapati missed call dari nomor luar negeri untuk tidak menghubungi kembali nomor tersebut.

"Agar apabila ada telepon dari luar negeri yang sifatnya hanya memancing keingintahuan kita untuk menelepon kembali, jangan tekan nomor mereka yang missed call. Misalnya mereka menelepon hanya satu kring saja, berharap kita menghubungi kembali," kata Noor Iza saat pada Senin, 2 April 2018.

Menurut Noor Iza, pengguna seluler Indonesia perlu mewaspadai jika penipunya men-charge panggilan dengan tarif internasional atau tarif premium call.

Untuk itu, Noor Iza meminta agar pengguna seluler selalu mencari tahu terkait nomor-nomor yang mengganggu, terutama nomor luar negeri yang memanggil hanya satu kali kring.

Kejanggalan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia membuat beberapa warganet mencari solusi dengan mengunggah kejadian tersebut ke media sosial, Twitter. Salah satu warganet yang mengaku mendapat panggilan dari nomor misterius tersebut adalah akun @ashfinzul.

Dalam akun Twitter-nya, ia mengaku mendapatkan panggilan dari nomor +242 801130490 dan +242 801130442 yang ternyata berasal dari Kongo.

Curiga, ia memutuskan untuk melaporkan panggilan tersebut kepada operator. Tak hanya @ashfinzul, pengguna dengan akun Twitter @adidaen pun mengaku ia dan istrinya juga mendapatkan panggilan serupa.

Missed call atau panggilan tak terjawab misterius dari nomor luar negeri ramai dikeluhkan oleh pengguna seluler di Indonesia yang belakangan diketahui kalau panggilan tersebut adalah scam alias upaya penipuan yang berasal dari negara asing seperti Kongo dan Kenya.

Bila korban terjebak dan melakukan panggilan balik, pulsa mereka pun bakal tersedot.

Kasus serupa sebelumnya pernah terjadi di Australia. Menurut Ruby, para penipu bisa saja mendapatkan nomor telepon korban dari internet, sebab ada saja orang yang ceroboh menuliskan nomornya di internet.

Penulis :

Editor :