Terbukti, Pisang Cegah Ketulian

Terbukti, Pisang Cegah Ketulian

KabarMakassar.com--Selama ini, Anda mungkin menganggap kualitas pendengaran akan baik jika didukung oleh kebersihan telinga yang baik. Padahal, nutrisi dari makanan juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan kemampuan pendengaran. Ketika Anda beranjak tua, kemampuan pendengaran akan melemah sedikit demi sedikit. Kondisi yang dikenal sebagai presbikusis, atau gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia.

Semakin bertambah tua seluruh fungsi indra seseorang bisa mengalami degenerasi bila tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu kita mungkin sering mendengar beberapa saran mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tertentu untuk mencegahnya.

Kesehatan telinga sangat penting untuk dijaga. Dengan telinga yang sehat, tentu saja akan membuat pendengaran kita bebas dari beragam permasalahan. Untuk menjaga kesehatan telinga tentu saja dibutuhkan perawatan dari telinga itu sendiri. Namun cara lainnya bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan telinga adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang memang baik untuk menjaga kesehatan telinga kita dan mencegah gangguan pendengaran.

Terkait hal tersebut bagi mereka yang ingin menjaga fungsi pendengarannya disarankan oleh ahli untuk rajin mengonsumsi pisang. Hal ini karena berbagai studi menemukan bukti bahwa kandungan dalam pisang seperti potasium dan zinc dapat melindungi fungsi pendengaran. Potasium dapat mencegah telinga kehilangan sensitivitas terhadap suara sementara zinc dapat mencegah munculnya masalah teliga berdenging (tinnitus).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut audio player, konser, dan bar memiliki ancaman serius terhadap kesehatan indra pendengaran. Statistik menunjukkan bahwa 43 juta orang dengan usia 12 sampai 35 tahun saat ini sudah memiliki masalah kesulitan mendengar. WHO mengatakan setengah orang pada kelompok usia tersebut berasal dari negara-negara kaya dan menengah. Mereka terekspos tingkat suara yang tidak aman dari perangkat audionya.

Pisang juga masuk kedalam makanan yang bisa menjaga kesehatan telinga kita. Selain pisang berfungsi sebagai buah untuk melancarkan pencernaan, mengkonsumsi pisang juga bisa menjaga kesehatan telinga dan menghindari kita dari beragam masalah pada pendengaran karena pada pisang terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi.

[Nur Fadhilah/BerbagaiSumber]

Penulis :

Editor :