Belgia Ikut Serta, Daur Ulang Sampah Jadi Energi Terbarukan

Belgia Ikut Serta, Daur Ulang Sampah Jadi Energi Terbarukan

KabarMakassar.com-- Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan menjalin kerja sama dengan Belgia dalam upaya mengubah sampah menjadi energi. Bank Sampah akan diproyeksikan sebagai ujung tombak untuk pengumpulan dan pemilahan sampah mulai dari tingkat rumah tangga.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahkan telah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Belgia untuk melakukan kerjasama dalam pengolahan sampah menjadi energi terbarukan.

"Saya sudah membicarakan dengan menteri energi, lingkungan, dan pembangunan Belgia bahwa kita bisa melakukan kerja sama teknik dengan mengambil contoh Kota Bogor, Makassar, dan Balikpapan. Akan dilihat kembali untuk kota yang lainnya, ungkap Menteri Siti Nurbaya dalam rilis KLHK, Minggu 1 April 2018.

Saat memenuhi undangan Menteri Energi, Lingkungan, dan Pembangunan Belgia Marie Christine Marghem akhir pekan lalu, Siti sempat mengunjungi unit usaha pengolahan sampah Dufour di Tournai, yang terletak sekitar 63 kilometer dari Brussel.

Di lokasi tersebut dia menyaksikan proses daur ulang sampah menjadi produk-produk daur ulang dan listrik. Sampah yang dipilah terdiri atas metal, nonmetal, kardus, kaca, plastik, elektronik sampah organik, dan sampah untuk RDF.

Yang menarik dari hasil observasi ini adalah sistem pengumpulan sampah mulai dari rumah tangga sampai jadi energi. Energi yang dihasilkan rata-rata dipakai sendiri untuk kawasan industri, bukan untuk masuk ke jaringan atau grid listrik umum.

[Nur Fadhilah Sophyan/BerbagaiSumber]

 

Penulis :

Editor :