14 Satwa Dilindungi Diamankan dari Kabupaten Bone dan Barru

14 Satwa Dilindungi Diamankan dari Kabupaten Bone dan Barru

KabarMakassar.com --- Sebanyak 14 ekor satwa dilindungi undang-undang, berhasil diamankan Tim Operasi Sporc Brigade Anoa Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi, Sabtu, 31 Maret 2018.

Satwa atau burung dilindungi itu yakni, 1 ekor Elang  Bandol, 1 Elang Laut,  1 Kakatua Jambul Kuning,  1 Nuri Kepala Hitam, 2 Nuri Sulawesi,  3 Nuri Trnate dan 5  perkici. Semuanya diamankan dari Kabupaten Bone dan Barru, Sulawesi Selatan.

Muhammad Nur selaku Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan operasi terkait penindakan dan pengamanan terhadap tumbuhan dan satwa yang dilindungi undang-undang.
Tujuannya untuk memberikan  efek jera pada pelaku tindak kejahatan yang  merusak keseimbangan ekosistem.

"Yang tak kalah pentingnya  adalah, kami berupaya menjaga  kehidupan spesies satwa yang dilindungi dari kepunahan,"jelas Muhammad Nur Sabtu, 31 Maret 2018, di Makassar.

Muhammad Nur menjelaskan, saat ini Amp sebagai pemilik 14 ekor satwa dilindungi. Sudah menjalani pemeriksaan untuk proses penyidikan lebih lanjut di Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi.

"Sementara barang bukti sebanyak 14 ekor satwa dilindungi akan dititip rawatkan di Gowa Discovery Park. Sementara pelaku yang melanggar ketentuan pasal 40 ayat (2), UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya. Terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta," ujarnya.(*)

Penulis :

Editor :