Perusda
Bank SUlsel Bar

Mamasa Kembali Diguncang Gempa 5,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami

6 days, 11 hours ago Oleh Bahar
Mamasa Kembali Diguncang Gempa 5,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa kembali guncang Mamasa. Warga panik dan mengungsi di kantor kecamatan Bittuang.

KabarMakassar.com - Gempa bumi kembali mengguncang Mamasa, Sulbar dengan Magnitudo 5,2, terjadi sekitar pukul 16.42 Wita, Rabu (7/11/2018). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam kejadian ini tidak berpotensi tsunami. 

Infomasi di lokasi saat gempa, warga berhamburan keluar rumah dan mencari tempat aman. Sebagian besar warga mengungsi sementara ke kantor Kecamatan Bittuang. 

BMKG mencatat, pusat gempa berada di 2.92 lintang selatan dan 119,41 bujur timur atau sekitar 9 kilometer tenggara Mamasa, Sulawesi Barat.

BMKG menyatakan gempa Mamasa disebabkan sesar Saddang yang mulai aktif. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Saddang,"kata Pelaksana tugas Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman.

Joharman mengatakan, gempa susulan telah tercatat sebanyak 78 kali. Teranalisa 41 kali gempa yang dipicu mainshock M 5,5 kemudian dimutakhirkan menjadi M 5,2.

mata dia, sesar Saddang membentang dari pesisir Pantai Mamuju, Sulawesi Barat memotong diagonal melintasi daerah Sulawesi Selatan Bagian Tengah, lalu Sulawesi Selatan Bagian Selatan, Kota Bulukumba, hingga ke Pulau Selayar Bagian Timur.

”Meningkafnya aktivitas seismik baik di wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, maupun di Sulawesi Tengah tidak lepas dari pengaruh gempa tektonik yang terjadi di Donggala dan Palu dengan kekuatan magnitudo 7,7, yang memicu aktivitas sesar yang ada, seperti Sesar Saddang, Sesar Walanae ataupun Sesar Matano,”pungkasnya.