Perusda
Bank SUlsel Bar

Maros Juara Festival Olahraga Tradisional di Soppeng

on 30/6/18 Oleh Jabbal
Maros Juara Festival Olahraga Tradisional di Soppeng
Kadispora Sulsel, Sri Endang Sukarsih pada Festival Olahraga Tradisional dan Rekreasi tingkat Sulawesi Selatan, yang digelar di Lapangan Gassi Watansoppeng Soppeng, Sabtu, 30/6/2018.[Foto: Jabbal]

KabarMakassar.com -- Olahraga tradisional dari Kabupaten Maros, Pasodo' Tompong-Tompong berhasil menjadi juara pertama pada Festival Olahraga Tradisional dan Rekreasi tingkat Sulawesi Selatan, yang digelar di Lapangan Gassi Watansoppeng Soppeng, Sabtu, 30 Juni 2018.

Pa'sodo Tompong-Tompong adalah olahraga tradisional di pesisir pantai Maros. Olahraga ini menyerupai permainan bola basket. Untuk membawa bola digunakan Pa'sodo (sejenis jala untuk menangkap ikan) dan memasukkan bola takraw ke dalam keranjang yang terbuat dari anyaman bambu.

Di urutan kedua ditempati Sidrap, yang menampilkan olahraga tradisional dari daerah Rappang, Pa'Dakkala (membajak sawah). Sementara Bantaeng harus puas di peringkat tiga, setelah tampil dengan olahraga permainan anak-anak, A'Bungkeng.

Menurut Ketua Tim Juri, Andi Abubakar, SE olahraga tradisional yang terpilih ke tingkat nasional harus memenuhi kriteria sebagai olahraga, menarik, interaktif dan yang paling penting punya ciri khas adat istiadat dan budaya lokal.

"Ada beberapa peserta sudah tampil maksimal dan Maros menjadi terbaik karena hampir memenuhi kriteria yang dipersyaratkan di tingkat nasional di Jambi nanti," ungkap Andi Abu yang juga menjabat staf ahli Dispora Sulsel ini.

Kadispora Sulsel, Sri Endang Sukarsih, dalam sambutannya saat acara pembukaan, menyebut kegiatan ini sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional yang sudah pernah ada dan sering dimainkan sekaligus menemukan olahraga tradisional yang baru dan belum baku sesuai khas budaya Sulsel.

"Festival ini merupakan usaha untuk menggali permainan rakyat atau tradisional yang menjadi ciri khas daerah di Sulsel, untuk selanjutnya di perkenalkan pada tingkat nasional," ujar Sri Endang.

Sri Endang berharap agar para peserta yang mengikuti festival agar tampil terbaik sehingga terpilih mewakili Sulsel di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jambi, 6 hingga 9 Juli 2018.

"Kami berharap peserta menampilkan yang terbaik, supaya terpilih mewakili Sulsel di tingkat nasional di Jambi, " ungkapnya.