Perusda
Bank SUlsel Bar

Bursa Inovasi Desa 2018 Kepulauan Selayar Kembali Digelar

2 weeks, 1 day ago Oleh Hendra N. Arthur
Bursa Inovasi Desa 2018 Kepulauan Selayar Kembali Digelar
Foto: Ahmad Riyadi

KabarMakassar.com -- Bursa Inovasi Desa ( BID ) Kepulauan Selayar untuk kedua kalinya akan di langsungkan di Kepulauan Selayar, tepatnya di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis, 11 Oktober 2018 mendatang.

Seperti pada tahun sebelumnya, acara ini akan menghadirkan ratusan menu inovasi Desa dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan ajang pertukaran dan penyebarluasan informasi inovasi Desa untuk menjadi bahan pembelajaran bagi Pemerintah Desa dalam menjalankan program pembangunan yang memiliki nilai inovatif dan kemanfaatan untuk masyarakat.

“Bursa Inovasi Desa dikemas dalam bentuk pameran dan konsultasi antar pemangku kepentingan terkait inovasi Desa.” ucap Irwan Baso, S.TP, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Kepulauan Selayar, Kamis, 4 Okotber 2018.

Inovasi Desa yang ditampilkan pada BID 2018 Kepulauan Selayar, nantinya akan dipresentasikan melalui model pembelajaran dalam bentuk teks, grafis dan video sehingga memudahkan perangkat desa melakukan duplikasi dan selanjutnya dimasukkan pada rencana penganggaran di tingkat Desa.

Seluruh perangkat Desa mulai Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) dan Tokoh Masyarakat akan dihadirkan.

Bursa Inovasi Desa sendiri merupakan bagian dari Program Inovasi Desa ( PID )  yang dilatarbelakangi oleh hadirnya Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 dimana Desa memiliki dua kewenangan, yakni kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Kewenangan ini menuntut kreatifitas Desa dalam pengelolaan anggaran.

Program Inovasi Desa dijalankan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa ( TPID ) yang hadir di seluruh Kecamatan, bukan hanya di Kepulauan Selayar tapi diseluruh Indonesia.

“Dengan adanya Bursa Inovasi Desa, Perangkat Desa dimudahkan untuk menemukan inovasi, sekaligus menerjemahkannya dalam program penganggaran dan pelaksanaan yang tepat guna,” lanjut Irwan Baso,S.TP.

Selain ratusan menu inovasi Desa dari seluruh Indonesia, beberapa model inovasi lokal Kepulauan Selayar juga akan ditampilkan.

Termasuk produk-produk inovasi seperti kerajinan, makanan olahan, dan produk UKM lainnya.